Cegah Virus HIV-AIDS, Puluhan Pemandu Lagu di Kebumen Jalani Pemeriksaan VCT

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Puluhan Pemandu Lagu (PL) di sejumlah Cafe di Kebumen menjalani pemeriksaan Voluntary Couselling and Testing (VCT) dari Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencegah penularan virus HIV~AIDS di Kabupaten Kebumen.

Kegiatan sekaligus Sosialisasi Edukasi Pencegahan HIV~AIDS ini berlangsung Kamis, 29 Februari 2024, malam. Sebelum mengikuti pemeriksaan VCT, para wanita pemandu lagu tersebut juga mendapatkan pembinaan terlebih dahulu dari petugas.

Kabid Gakda dan Perkada Satpol PP Kabupaten Kebumen Juniadi Prasetyo, S.E  menjelaskan, pemeriksaan dilakukan terhadap para wanita pemandu lagu karna dinilai yang beresiko tinggi terhadap penyebaran HIV-AIDS dan penyakit kelamin lainnya. Dari pemeriksaan ini, jika nanti ditemukan adanya peserta yang terkena HIV-AIDS, maka akan segera ditangani oleh Dinkes Kebumen.

Dikatakan, Pemeriksaan tersebut rencananya akan digelar secara rutin, minimal setiap tiga bulan sekali. Sedangkan untuk hasil dari tes ini bisa diketahui setelah 30 menit dari pemeriksaan.

‘’ Jadi kegiatan Pengecekan HIV~AIDS untuk Pemandu Lagu aka kami gelar secara rutin. Ini karena Pekerjaan Pemandu Lagu itu pekerjaan yang beresiko tinggi, terhadap penyebaran HIV-AIDS dan penyakit kelamin lainnya. Untuk itu Pemandu Lagu harus menjaga kesehatan masing – masing,’’jelasnya.

Juni menegaskan, selain sehat, Pemandu Lagu harus sudah memiliki KTP dan di larang keras bagi yang masih di bawah umur. Termasuk harus bisa menunjukan surat pernyataan persetujuan dari Keluarga atau Suami.

‘’ Pemandu lagu juga wajib mengikuti aturan aturan yang berlaku. Pihak Cafe juga harus sudah mengurus semua perijinannya. Jadi tidak hanya kesehatannya saja yang kami cek, namun secara administrasi juga wajib tak kalah penting,’’imbuhnya.

Dalam sosialisasi itu, para pemandu lagu juga mendapat arahan tentang tata cara pencegahan HIV~AIDS. Diantaranya tidak menggunaan Jarum Suntik bekas atau secara bergantian, Sex Oral, Transfusi Darah, Penggunaan alat bantu sex dan gonta ganti pasangan.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.