Operasi Gabungan, Polres Kebumen Amankan 25 Motor dan 1 Mobil dari Balap Liar

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Polres Kebumen melakukan operasi gabungan dengan menyisir sepanjang jalan lingkar selatan-selatan (JLSS), dan BUBK. Dari kegiatan itu, Polres Kebumen mengamankan 25 unit kendaraan bermotor, 1 unit kendaraan mobil dari Balap liar, Rabu 13 Maret 2024.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto, kegiatan patroli gabungan juga berdasarkan laporan masyarakat yang resah melihat jalan kawasan BUBK sering dijadikan arena balap liar.

“Dari laporan yang masuk, lalu kita melakukan patroli di sepanjang jalan kawasan BUBK, atau di sepanjang pantai di Desa Tegalretno Petanahan. Alhasil banyak pemuda yang kita amankan, dengan indikasi mereka akan melakukan balap liar,” jelas AKP Heru, Kamis 14 Maret 2024.

Kegiatan patroli gabungan melibatkan Satlantas Polres Kebumen, Satsamapta Polres Kebumen, dan Polsek Petanahan. Operasi dipimpin Kasat Lantas Polres AKP Koyim Maturrohman didampingi Plt Kapolsek Petanahan IPTU Purwito, menjelang waktu berbuka puasa atau saat sebagian masyarakat sedang ngabuburit.

Kegiatan diawali dengan melakukan penyisiran sepanjang jalan lingkar selatan-selatan (JLSS), lalu dilanjutkan patroli di sepanjang jalan dekat BUBK. Benar saja dari kegiatan itu Polres Kebumen mengamankan 25 unit kendaraan bermotor, 1 unit kendaraan mobil.

“Kami amankan sejumlah pemuda dengan indikasi akan melakukan balap liar. Terhadap kendaraan bermotor juga dilakukan penilangan karena tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Selanjutnya untuk para pemuda, kita lakukan pembinaan,” jelas AKP Koyim.

Lanjut AKP Koyim kegiatan patroli yang dilakukan akan dilakukan secara berkala. Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi Undang-Undang Lalu-lintas agar tercipta keamanan keselamatan ketertiban kelancaran berlalu-lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kebumen.

Balap liar termasuk melanggar Undang-Undang Lalu-lintas dan juga membahayakan diri sendiri serta pengguna jalan lain. Apalagi saat ini kepolisian secara serentak masih menggelar Operasi Keselamatan 2024. Aksi balap liar diharapkan dapat ditekan melalui operasi itu.

“Tindakan balap liar dinilai membahayakan, sehingga harus dilakukan penindakan kepada para pelanggar. Juga tak sedikit aksi balap liar berujung maut ketika terjadi kecelakaan saat balapan di jalan umum,” katanya.

Aksi balap liar juga dapat mengganggu khusyuknya ibadah puasa bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Daripada balap liar, bagi umat muslim, baiknya bulan Ramadhan diisi dengan memperbanyak membaca Al Quran ataupun sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.