AKBP Rudy Cek Tanggul Jebol

oleh -
AKBP Rudy Cek Tanggul Jebol

KEBUMEN, Kebumen24.com – Tanggul sungai Telomoyo perbatasan desa Sidobunder dan Madurejo kembali jebol karena tak kuat menahan debit air. Ratusan rumah yang dihuni 607 Kepala Keluarga tergenang air setinggi kurang lebih 1 meter.

 

Dari situasi itu, ribuan warga setempat mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan bersama dengan TNI, BPBD, Pemkab Kebumen mengecek langsung lokasi jebolnya tanggul, Senin (26/10).

 

Berdasarkan hasil pantauan, tanggul jebol sepanjang 50 meter dengan kedalaman 5 meter, serta ketebalan bawah 6 meter.

 

AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengungkapkan keprihatinannya atas situasi tersebut.

 

“Cukup parah lokasi jebolnya. Warga banyak yang mengungsi,” kata AKBP Rudy.

 

Seperti diketahui bersama, beberapa hari terakhir ini Kebumen diguyur hujan lebat. Sungai Telomoyo sudah menjadi langganan jebol jika hujan turun dengan intensitas tinggi.

 

Selain tanggul jebol, hujan deras yang mengguyur Kecamatan Padureso menyebabkan longsor di Desa Rahayu kecamatan setempat. Jalur desa lumpuh total sehingga harus segera dilakukan evakuasi, Senin (26/10).

 

Polsek Padureso bersama dengan warga setempat bahu-membahu menyingkirkan lumpur yang menutup ruas jalan menggunakan cangkul dan sekop pasir.

 

Kapolres Kebumen mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

 

“Kepada warga masyarakat, kami imbau untuk lebih waspada. Curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir,” ungkap AKBP Rudy.

 

Berdasarkan data yang diperoleh Polres Kebumen, di wilayah Kecamatan Padureso ada 11 titik longsor. Kesebelas desa tersebut meliputi, desa Merden 2 titik, desa Sidototo 2 titik, desa Rahayu 3 titik, desa Kaligibug 2 titik, desa Kalijering 1 titik dan desa Padureso 2 titik.

 

Terparah di tiga titik evakuasi harus melibatkan alat berat yakni desa Kalijering 1 titik, desa Rahayu 1 titik dan desa Padureso 1 titik.

 

Adanya situasi itu, Kapolres Kebumen telah menyiagakan personelnya untuk mengantisipasi bencana alam akibat cuaca buruk.(K24/HMS).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.