Pendidikan

Prodi Magister Manajemen UPB Gelar International Visiting Lecture

854
×

Prodi Magister Manajemen UPB Gelar International Visiting Lecture

Sebarkan artikel ini

KEBUMEN, Kebumen24.com – Program Studi Magister Manajemen Univeritas Putra Bangsa menyelenggarakan kuliah umum bertajuk ” The Changing Face of Economic and Management In East Asia: Opportunities, Challenges, and Future Persepectives”. Kuliah mengahdirkan Dr. Khalid Eltayeb Elfaki, selaku dosen dan pakar ekonomi dari Univerity of Geizira Malaysia, melalui zoom meeting, Sabtu, 8 Juni 2024.

Dalam paparannya, Dr. Elfaki memulai kuliah umum dengan memberikan gambaran umum tentang ekonomi di kawasan Asia Timur. Khalid menyoroti perbedaan perkembangan ekonomi di kawasan ini, mulai dari negara maju seperti Jepang yang memiliki ekonomi terbesar kedua di dunia, hingga Newly Industrialized Economies (NIEs) seperti Hong Kong, Taiwan, dan Korea Selatan.

“Kawasan Asia Timur dan Pasifik berkembang dengan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan rata-rata global, meskipun masih lebih lambat dibandingkan sebelum pandemi. Pertumbuhan regional diperkirakan melambat dari 5,1 persen pada tahun sebelumnya menjadi 4,5 persen pada tahun 2024. Namun, pemulihan perdagangan internasional dan pelonggaran kondisi keuangan diharapkan dapat mendorong ekonomi regional,’’paparnya.

Dr. Elfaki menambahkan dalam perspektif corporate management, perusahaan di Asia Timur menghadapi tantangan yang kompleks dalam lingkungan ekonomi yang dinamis dengan mengadopsi berbagai strategi yang komprehensif dan adaptif. Mereka perlu memperkuat jaringan rantai pasokan, berinvestasi dalam inovasi dan teknologi, serta meningkatkan infrastruktur digital untuk efisiensi operasional. Pengelolaan keuangan yang solid, penerapan praktik keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial perusahaan juga penting untuk menciptakan nilai jangka panjang.

“Investasi dalam pengembangan sumber daya manusia, membangun kolaborasi dan kemitraan strategis, serta diversifikasi produk dan pasar membantu perusahaan tetap kompetitif. Selain itu, pemantauan perkembangan ekonomi dan penyesuaian kebijakan memungkinkan perusahaan merespons cepat terhadap perubahan pasar dan regulasi, memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang” Imbuhnya

Sementara itu Dr. Irfan Helmy, SE.,M.M. selaku Kaprodi Magister Manajemen berharap kuliah umum ini dapat memberikan wawasan yang mendalam mengenai peluang dan tantangan ekonomi di Asia Timur, khususnya bagi para mahasiswa dan akademisi di lingkungan Program Studi Magister Manajemen UPB.

“Melalui pemahaman yang lebih baik tentang dinamika ekonomi regional dan global, kami berharap para peserta dapat mengembangkan strategi manajerial yang inovatif dan efektif. Selain itu, kami berharap acara ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk lebih bersemangat dalam melakukan penelitian dan berkontribusi dalam bidang manajemen dan ekonomi”Harap Irfan.(k24/*)


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.