Jelang Lebaran, Harga Beras Lokal di Kebumen Mulai Turun, Rp 12 Ribu Perkilogramnya

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Jelang Hari raya idul fitri, harga beras di sejumlah pasar tradisional Kebumen sudah mulai mengalami penurunan. Utamanya beras jenis lokal, turun Rp 2000 setiap kilogramnya.

Seperti terpantau di pasar Temenggungan Kebumen, Kamis 28 Maret 2024. Harga Beras jenis lokal dari yang sebelumnya Rp 14 ribu per kilogramnya kini menjadi Rp 12 Ribu per kilogramnya.

Pedagang Beras Pasar Tumenggungan Kebumen Nurifah menuturkan, meski harga beras lokal mulai ada penurunan, namun masih kurang diminati oleh masyarakat. ini karna kualitas beras lokal kerap butirnya pecah. Berbeda dengan beras premium yang memiliki bulir beras utuh, sehingga hingga saat ini belum ada penurunan dan masih bertahan di harga Rp 16 ribu per kilogramnya.

“Untuk harga bersa lokas memang mulai turun. Belum lama sih turunya, sekitar awal puasa. Tapi sayangnya beras lokal kurang diminati karna banyak hancur. Beda dengan beras premium harganya masih setabil. Setelah lebaran kemungkinan harga beras lokal turun lagi, tapi kalau premium prediksi nya turun 100 sampai 200 perkilonya,’’jelasnya.

Menurutnya, penurunan beras lokal terjadi  karena sebagian petani di Kebumen telah melakukan panen padi. Pedagang memprediksi, kemungkinan harga beras lokal akan kembali turun usai Lebaran. Terlebih panen raya padi oleh para petani di Kabupaten Kebumen.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.