Dukung Kelancaran Mudik Lebaran, Polres Kebumen Siapkan Tiga Jalur

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pengendara saat libur Lebaran idul Fitri 1445 H/2024 nanti, Polres Kebumen bakal menyiapkan 3 jalur yang bisa digunakan untuk mudik maupun balik. Opsi pertama, pemudik bisa melalui jalur utama atau Nasional III. Jika dari arah barat, pemudik masuk Rowokele, Gombong, Karanganyar, Sruweng, Kebumen, Kutowinangun, Prembun.

Hal itu disampaikanKapolres Kebumen AKBP Recky, saat menggelar rapat persiapan Operasi Ketupat Candi (OKC) pengamanan Lebaran 2024, di Mapolres Kebumen, Senin 25 Maret 2024. OKC di Kebumen diharapkan berjalan kondusif.

‘’ Jadi nanti saat lebaran kami menyiapkan 3 jalur yang bisa digunakan untuk mudik maupun balik. Dan dalam waktu dekat, akan dilaksanakan Operasi Ketupat Candi. Kami meminta Kapolsek dapat menguraikan secara detail hal yang terjadi di wilayahnya sebagai antisipasi awal,” jelas AKBP Recky.

Adapun sasaran operasi sama seperti tahun sebelumnya yaitu terciptanya Kamtibmas yang kondusif selama libur Lebaran. Meski begitu, ada beberapa yang harus menjadi perhatian sesuai dinamikan di tengah masyarakat.

“Melalui latihan pra operasi ini, anggota jadi mengerti apa yang ditugaskan. Setiap tahun selalu ada perubahan dinamika di tengah masyarakat. Jadi kewaspadaan kita tetap ada,” pungkas Kapolres.

Sementara itu, Kabagops Polres Kebumen Kompol Setyoko menambahkan, sesuai kalender Kamtibmas Operasi Ketupat Candi 2024 akan digelar selama 13 hari, dari tanggal 4 sampai 16 April 2024.

Dikatakan, jika jalur utama mengalami lonjakan arus, ada opsi jalur alternatif yang disiapkan. Pemudik akan dialihkan Jalan Daendles masuk Puring, Klirong, Buluspesantren, Ambal, Mirit.

Selain itu, jika masih belum bisa menampung lonjakan arus mudik, Polres Kebumen mengarahkan untuk melalui jalur lintas selatan-selatan (JLSS). Pemudik disiapkan jalur Puring, Klirong, Buluspesantren, Ambal, dan Mirit.

‘’ Para pemudik juga bisa langsung memilih jalur yang akan dilalui sesuai efektivitas jarak tempuh dengan kota tujuan mudik. Kita tempatkan juga personel dan sejumlah Pos untuk membantu para pemudik. Kita standbykan selama OKC berlangsung,” ungkap Kompol Setyoko.

Diperkirakan, perlintasan kereta api Karanganyar menjadi salah satu titik rawan macet saat mudik lebaran. Namun pemudik tidak perlu khawatir, karena akan diarahkan melalui simpang tiga pasar Karanganyar lalu masuk jalan Ahmad Yani, selanjutnya masuk ke simpang tiga Jeruk Gulung dan kembali diarahkan ke jalur utama.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.