Resmi Dilantik, Mahasiswa UKM Jurnalistik UPB Kebumen Langsung Dilatih Ilmu Jurnalis

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Sebanyak 28 Mahasiswa dari berbagai Prodi Universitas Putra Bangsa (UBP) Kebumen resmi dilantik sebagai anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik. Usai dilantik, mereka langsung dilatih ilmu Jurnalistik dengan menghadirkan Narasumber Wartawan Kebumen24.com M. Tohri.

Acara Pelantikan dan sekaligus Pelatihan itu berlangsung di Aula Kampus, Jalan Ronggowarsito Pejagoan Kebumen, Selasa 20 Februari 2024. Hadir Dosen sekaligus pembina UKM jurnalistik UPB Dani Rizana, Menteri UKM Jurnalistik Hesti Febriyani Puspitorini, dan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Kabinet. Sahitya Abhinaya Arso Muklis.

Kegiatan dengan mengangkat tema ‘Membangun Keterampilan Dasar untuk Menjadi Jurnalis Kampus’’ itu, para peserta dikenalkan tentang perbedaan Pers, Wartawan, Jurnalis, media hingga fungsinya. Termasuk pentingnya Kode Etik Jurnalistik.

Dalam materinya, Tohri yang sekaligus Wakil Ketua PWI Kebumen itu memaparkan cara kerja Jurnalis diatur dalam UU Pers no 40 tahun 1999. Kemudian menekankan pentignya menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Selain itu, Tohri juga menjelaskan tentang teknik dan cara kerja jurnalistik. Mulai dari pengambilan angle gambar, wawancara hingga menulis berita yang baik dan benar.

‘’ Ada beberapa hal yang harus diketahui seorang jurnalis. Pertama etika berkomunikas, relasi, kritis terhadap isu, selektif, jujur dan mampu menguasai penulisan serta pengambilan angle gambar. Teknik pengambilan gambarr terbagi menjadi tiga, yaitu Long, Medium dan Closup. Sedangkan penulisan berita harus ringkas, padat, jelas dan menarik.’’jelasnya.

Tohri menambahkan, dalam menulis berita yang baik, harus disertai data yang akurat dan berimbang. Tidak mencampurkan opini dan fakta.

‘’Format penulisan berita yang baik adalah menggunakan metode istilat piramida terbaik. Terdiri dari Judul, Lead, perangkai, tubuh berita, dan kaki berita. Jadi informasi yang paling penting tempatkan di posisi atas, kemudian disusul dengan informasi pendukung lainya dibawahnya,’’urainya.

Sementara itu, Menteri UKM Jurnalistik Hesti Febriyani Puspitorini menyampaikan dengan pembentukan anggota baru UKM Jurnalistik diharapkan bisa membantu publikasi seluruh kegiatan kampus. Sedangkan pelatihan sebagai bekal para anggota agar memiliki pengetahuan lebih sebelum terjun sebagai jurnalis kampus.

‘’ Dengan pelatihan ini diharapkan bisa menjadi bekal teman-teman UKM Jurnalistik. Apalagi UKM Jurnalistik merupakan salah satu UKM yang penting di Universitas Putra Bangsa dimana kita ditugaskan untuk meliput setiap event atau kegiatan-kegiatan yang ada di kampus, maka dari itu kita membutuhkan pengetahuan-pengetahuan dasar kejurnalistikan,’’ujarnya.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.