Latih Ratusan Pelaku UMKM, HIPMI Kebumen Beri Strategi Kembangkan Usaha di Era Digital

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Untuk mengembangkan usaha di era digital seperti sekarang ini, diperlukan langkah dan strategi yang tepat. Salah satunya dengan memamfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran produk. Dimana, saat ini, hampir semua sudah dipasarkan melalui online.

Hal inilah yang diberikan kepada ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat mengikuti pelatihan bisnis digital, yang diselenggarakan Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Kebumen. Pelatihan dengan tema ‘’Membangun Negeri di Era Digitalisasi’’ ini, berlangsung di Hotel Grand Kolopaking Kebumen, Rabu 29 November 2023.

Pelatihan menghadirkan sejumlah narasumber dari pelaku bisnis yang telah sukses di Kebumen. Diantaranya Yusni selaku Suplier Sleepwear, Owner PT. Giri Wara Nusantara, Chairul Ichwan, Founder Kelas Diagram Siswanto, dan Owner Rumah Cetak Nurul Riska.

Ketua Panita Sari Pratiwi mengatakan pelatihan bisnis digital diikuti ini ratusan peserta dari bebagai jenis UMKM di Kebumen. Tujuanya yakni untuk meningkatkan kapabilitas kewirausahaan di era digital dengan memamfaatkan teknologi.

‘’ Jadi tujuan acara ini untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM tentang bagaimana membangun usaha yang baik di era digital seperti sekarang ini. Salah satunya dengan cara memamfaatkan teknologi untuk meningkatkan omset. Misalnya membangun bisnis online, karna sekarang hampir semua produk sudah banyak yang dipasarkan melalui online,’’ucapnya.

Menurutnya, adanya bisnis online sangat membantu pelaku usaha untuk meningkatkan omzet pasar. Khususnya dari kalangan kaum milenial.

“Intinnya di era modern seperti sekarang ini, kita harus mengikuti perkembangan jaman  mainkan marketing digital untuk mendapatkan hasil yang maksimal,”papar Sari Pratiwi.

Sementara itu, Ketua HIPMI Herwin Kunadi menjelaskan kegiatan ini merupakan program kerja yang memang sudah direncanakan sekitar beberapa bulan lalu. Harapanya dapat membantu mendukung peningkatakan ekonomi masyarakat.

‘’ Jadi kegiatan ini merupakan program kerja HIPMI dan bagian ikhtiar untuk membantu rekan-rekan pengusaha agar lebih maju lagi kedepannya dan ekonomi mereka meningkat,’’jelas Herwin.

Menurut Sri Palupi (55), salah satu peserta dari Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo mengatakan pelatihan ini sangat bermamfaat bagi para pelaku UMKM. Terlebih saat ini hampir semua bisnis sudah dilakukan dengan berbasis online.

‘’ Walaupun  jauh-jauh dari pituruh saya sempatkan datang, karna saya tertarik sekali dan baru pertama kali ini ikut pelatihan bisnis digital, mudah-mudahan nanti apa yang keinganan untuk ikut HIPMI nanti akan membawakan keberkahan untuk usaha saya dibidang digital juga,’’ujarnya. (K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.