Telan Anggaran Rp6,5 Miliar, Pemkab Kebumen Bangun Gedung Labkesda

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Pemerintah Kabupaten Kebumen tengah membangun Gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di jalan HM. Sarbini Kebumen. Pembangunan menelan anggaran sebesar Rp6,5miliar dari Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan, Iwan Danardono mengatakan pembangunan Labkesda ini sesuai dengan instruksi dari Pemerintah Pusat agar masing-masing daerah memiliki Labkesda. Sedangkan Kabupaten Kebumen hingga saat ini belum memiliki fasilitas tersebut yang representative.

“Sebenarnya sudah ada lab, tapi gedungnya belum sesuai standar, sehingga kita bangun yang baru di Jalar HM Sarbini,” kata dr Iwan dalam keterangannya, Rabu, 15 November 2023.

Saat ini Pembangunan Labkesda sudah mencapai 85 persen. Dia menargetkan pada awal Desember 2023 Labkesda yang baru sudah bisa diresmikan.

“Sekarang masih proses pembangunan dan mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar,” kata Iwan.

Menurutnya, Labkesda yang baru  fasilitasnya lebih lengkap dari sebelumnya. Di sini nanti tersedia Laboratorium Bio safety Level 1 dan Bio Safety Level 2, yaitu sebuah laboratorium yang digunakan untuk menguji mikro-organisme dari penyebab suatu penyakit.

Lebih lanjut Iwan mengatakan isu kesehatan menjadi salah satu program strategis yang dilaksanakan pada tahun 2023. Menurut dia, Pemkab Kebumen berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan kepada masyarakat.

Bukti komitment itu antara lain t dengan kepesertaan BPJS Kesehatan yang sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC). Selain itu, pihaknya, juga sudah menyiapkan program strategis guna memperkuat layanan kesehatan.

Selanjutnya, sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat, pihaknya akan meningkatkan pelayanan kesehatan untuk penyakit kanker, jantung, stroke, dan kelainan ginjal di RSUD.

“Bentuknya bisa pelatihan untuk peningkatan SDM, dari petugas kesehatan, kemudian penambahan alat kateterisasi jantung, serta membuka layanan kanker di RSDS,” tukasnya.

Ia menambahkan, peningkatan infrastruktur kesehatan tidak hanya membangun Labkesda. Pasalnya, Pemkab di tahun ini juga membangun sejumlah Puskesmas.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.