PEMBANGUNANPERISTIWA

Prihatin Kondisi Jalan Rusak di Kabupaten Kebumen, KRT Darori Kirim Surat ke Menteri PUPR

5772
×

Prihatin Kondisi Jalan Rusak di Kabupaten Kebumen, KRT Darori Kirim Surat ke Menteri PUPR

Sebarkan artikel ini

KEBUMEN, Kebumen24.com – Banyaknya jalan rusak di Kabupaten Kebumen, yang tak jarang banyak memakan korban akibat kecelakaan imbas dari jalan-jalan berlubang membuat keprihatinan sejumlah pihak. Termasuk KRT Darori Wonodipuro selaku anggota Komisi IV DPR RI. Dimana sebagai bentuk kepedulianya ia menyurati Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat 25 November 2022.

Anggota DPR RI Dapil Jateng VII ini menyampaikan secara resmi melalui surat bernomor 115/A.101/ Gerindra/DPR RI/2022/ perihal Penyampaian Usulan Aspirasi Rehabilitasi Jalan Deandles/ Jl.Diponegoro di Kabupaten Kebumen TA 2023.

Dalam suratnya Darori melaporkan keluhan masyarakat Kabupaten Kebumen, khususnya warga Desa Petanahan tempat kelahirannya. Darori menyampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir.Basuki Hadimuljono, terkait banyaknya jalan negara, jalan provinsi dan jalan kabupaten yang rusak.

“Saya banyak menerima keluhan dan laporan dari masyarakat terutama warga dan tetangga saya kalau jalannya rusak parah, mirip kubangan kebo pak. Meski ini bukan bidang saya, maka saya berjanji akan membuat surat tertulis dan akan menyampaikan soal jalan rusak tersebut,” terang anggota DPR RI.

Bahkan menurut Darori, dirinya sudah melaporkan masalah kerusakan jalan pada sejumlah titik di Kabupaten Kebumen kepada Menteri PUPR untuk segera ditindaklanjuti.

“Alhamdulillah, ruas Jalan Guyangan Petanahan sudah selesai diperbaiki dengan cor beton. Dan sekarang menyusul sedang pengerjaan Petanahan sampai Munggu yang melintasi samping rumah saya,” lanjut Darori.

Darori dalam surat terbukanya juga  mengungkapkan, kegiatan ekonomi masyarakat terganggu karena rusaknya infrastruktur jalan di dapilnya. Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja di Kebumen pernah menyindir dirinya terkait jalan rusak yang butuh perhatian dari anggota DPR RI.

“Saya setiap kali naik mobil tertidur ketika bangun pasti sudah masuk Kebumen. Dalane ora iso go turu (Jalannya gak bisa buat tidur) pak Darori,” kata Darori menirukan sindiran Ganjar.

Diakui politisi Gerindra asli Kebumen ini, beberapa waktu yang lalu saat dirinya pulang ke Petanahan melihat langsung kondisi jalan yang rusak parah berada di beberapa titik jalan yang rusak. Dan dirinya mengaku sudah langsung menghubungi Menteri PUPR untuk segera mengatasinya.

“Saya dengan pak Menteri PUPR komunikasinya baik, kawan lama dan alhamdulillah beberapa titik lokasi jalan rusak sudah diperbaiki,” ucapnya lanjut kepada wartawan.

Menurut Darori, dengan infrastruktur yang memadai secara otomatis kegiatan perekonomian di Kabupaten Kebumen akan menggeliat dan berefek positif terhadap masyarakat.

Kerusakan jalan yang terjadi menurut Darori dikarenakan tidak adanya kesesuaian antara kelas jalan dengan penggunaannya. Ruas jalan kelas kabupaten namun selalu dilewati oleh kendaraan antar daerah, termasuk truk trontron dan bus pariwisata.

“Melihat penggunaannya maka status jalan sebaiknya ditingkatkan dari kelas kabupaten menjadi kelas provinsi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kebumen mengalami kerusakan parah dan berlubang akibat hujan yang terus menguyur beberapa bulan terakhir ini.

Kondisi terparah terlihat di ruas Jalan Petanahan sampai dengan Karanggadung tembus JLSS. Belum lagi genangan air membuat sejumlah ruas jalan yang berlubang rawan terjadi kecelakaan. (K24/*)


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.