PilkadaPolitik

Ramaikan Bursa Pilkada Kebumen 2024, Inilah Latar Belakang Singkat Gus Fauhan

1212
×

Ramaikan Bursa Pilkada Kebumen 2024, Inilah Latar Belakang Singkat Gus Fauhan

Sebarkan artikel ini
FOTO : Muhammad Fauhan Fawaqi, Putra Pengasuh Pesantren Al Kahfi Somalangu yang Mendaftar Cabup Kebumen

KEBUMEN, Kebumen24.com – Jelang Pilkada Kebumen yang akan berlangsung pada November 2024 mendatang, sejumlah nama tokoh sudah muncul meramaikan bursa pemilihan Bupati maupun Wakil Bupati. Salah satunya Muhammad Fauhan Fawaqi atau Gus Fauhan.

Gus Fauhan, merupakan Putra Pengasuh Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu Kebumen. Ia merupakan sosok wajah baru yang turut tampil meramaikan bursa pemilukada Kebumen 2024.

Sebelumnya ia telah mendaftarkan diri sebagai kandidat Calon Bupati Kebumen. Gus Fauhan mendaftar di PKB Kabupaten Kebumen pada Rabu, 5 Juni 2024. Kemudian, di DPC Gerindra Kebumen pada Jumat, 7 Juni 2024.

Gus Fauhan adalah anak ketiga dari enam bersaudara Pengasuh Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu, Kebumen KH Afifuddin Chanif Al Hasani , yang juga Rais Syuriah PCNU Kebumen. KH Afifuddin Chanif Al Hasani merupakan generasi ke-16 dari pendiri Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu, Desa Sumberadi, Kabupaten Kebumen.

Pesantren tersebut adalah salah satu pondok pesantren bersejarah dan tertua di Asia Tenggara, yang didirikan pada 25 Sya’ban 879 Hijriah atau Rabu, 4 Januari 1475 M oleh ulama dari Hadhramaut, Yaman, Abdul Kahfi Al-Jailani Al-Hasani. Bahkan Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu, Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen ini masih eksis hingga saat ini.

Muhammad Fauhan Fawaqi mendaftarkan diri sebagai kandidat Calon Bupati dengan tujuan untuk membangun Kabupaten Kebumen lebih baik lagi. \

Dalam pencalonannya, lulusan UGM Yogyakarta ini mengusung slogan “Kebumen Mapan, Bersama Gus Fauhan”. Mapan yang dimaksud yakni akronim dari Maju, Akuntabel, Produktif, Andal.

Berikut profil singkatnya :

Nama Lengkap                     : Muhammad Fauhan Fawaqi

Tempat, Tanggal Lahir        : Kebumen, 21 Oktober 1992

Alamat                                    : Desa Sumberadi, Kebumen, Kabupaten Kebumen

Pendidikan S1 dan S2 di Kota Yogyakarta, tepatnya di Universitas Gajah Mada (UGM) sejak 2010 sampai 2018. Karir dan Pengalaman Saat mahasiswa, Gus Fauhan aktif di Gerakan PMII. Setelah selesai kuliah dia menjadi Komisaris di Axar School (Sekolah IT) yang berkantor di Jakarta.

Sejak tahun 2019 aktif di Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Kebumen sebagai Ketua. Selanjutnya, pada 2020 sampai sekarang Gus Fauhan aktif sebagai Manajer Persatuan Sepak Bola Kebumen (Persak) Pada tahun 2022 dia menulis buku berjudul Feminis Nusantara.

Di tahun yang sama Gus Fauhan terpilih menjadi Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU). Lalu, pada 2024, Muhammad Fauhan Fawaqi terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kebumen dari PKB. Dia menjadi calon terpilih wakil rakyat Dapil Kebumen 6 yang meliputi Kecamatan Alian, Poncowarno, Sadang, Karangsambung dan Kutowinangun.

Visi Misi untuk Kebumen ke Depan Visi Terwujudnya Kabupaten Kebumen MAPAN (Maju, Akuntabel, Produktif, Andal) dengan Inovasi dan Kolaborasi Misi Meningkatkan Sumber Daya Manusia, Memastikan Tata Kelola Pemerintah Akuntabel, Mendorong Kegiatan Ekonomi Produktif, Mengembangkan Infrastruktur Andal.(K24/*).

TONTON VIDEONYA :


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.