Nguri nguri Budaya, Desa Grenggeng Gelar Parede Jam Janeng se Kabupaten

oleh -

KARANGANYAR, Kebumen24.com- Untuk melestarikan kesenian dan nguri nguri budaya lokal, Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kebumen menggelar Parade Jam Janeng se Kabupaten. Dimana, para peserta dari berbagai desa di seluruh wilayah Kabupaten Kebumen.

Kegiatan yang merupakan salah satu puncak dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) ini berlangsung di Lembah Pereng Desa Grenggeng. Sabtu 23 Desember 2023. Parade diikuti ratusan grup Jam Janeng dari berbagai desa, seperti Pohkumbang, Klirong, Adimulyo, Arjoasari, Gianti, Rowokele dan juga Grenggeng.

Ketua PPK Ormawa Sibudinusa Grenggeng Uswatun Khasanah mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja Desa kesenian PPK Ormawa. Ini terselenggara atas kerjasama antara Desa Grenggeng dan UMNU Kebumen.

‘’ Untuk program kerja Jam Janeng ini kami telah melaksanakan selama 6 bulan dan kami mengambil Desa Kesenian ini atas kerjasama UMNU Kebumen dan Desa Grenggeng. Tujuanya untuk nguri nguri budaya agar tetap lestari,’’jelasnya.

Dikatakan, kegiatan ini untuk memberikan motivasi dan mengajak generasi muda agar melestarikan kebudayaan Jam Janeng. Menurutnya, kesenian Jam janeng merupakan musik tradisional yang ciri Khas dari Kabupaten Kebumen.

‘’ Jam Janeng merupakan seni tradisional yang didirikan oleh mbah kyai Zamzani kemudian zamzani ini mempunyai alat seperti ketipung, kempyang, kempul, gong dan lainnya,’’imbuhnya.

Selain parade jam janeng, pada kegiatan ini juga digelar pelatihan desain grafis, digital marketing, dan juga publik speaking. Termasuk pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Ini bertujuan untuk menambah keterampilan dan skill generasi muda di era digital dan kepedulian terhadap sesama.(K24/*ALAM).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.