Senyum Lebar Petani Cabai Ditengah Naiknya Harga

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Naiknya harga cabai sejak sebulan terakhir, disambut senyum lebar para petani. Mereka tambah bergairah dalam merawat tanamannya.

Salah satunya sejumlah para petani cabai di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen. Pasalnya hasil panen saat ini terbilang cukup melimpah karena kebanyakan petani, semenjak musim kemarau ini banyak yang beralih menanam cabai rawit.

Hal itu diutarakan Supriyati, salah satu petani Cabai di desa setempat, Senin 13 November 2023. Dipilihnya tanaman ini karena dianggap tidak memerlukan banyak air serta perwatannya cukup mudah.

Supriyati mengaku kanaikan harga cabai ini sudah biasa setiap menjelang Pemilu. Untuk itu, berdasarkan pengalaman mereka tersebut, saat ini banyak petani cabai yang sedang bergembira menikmati hasil panennya. Bahkan ada petani yang sekali petik cabai bisa medapatkan uang hingga 5 sampai 7 juta rupiah.

‘’ Dari pengalaman yang sudah sudah, jelang pemilu harga cabai itu naik. Dan ternyata betul, kami tentu senang karna hasil panen lumayan. Dalam sekali petik cabai ra rata saya bisa medapatkan uang hingga 5 sampai 7 juta rupiah.’’tuturnya.

Supriyati mengatakan, tanaman cabainya sudah puluhan kali di petik, namun baru sekitar sebulan ini mengalami kenaikan yang cukup lumayan, yakni mencapai 67 ribu rupiah perkilo gramnya. Sementara untuk cabai kriting harganya sekitar 40 hingga 50 ribu rupiah perkilonya.

‘’Kalau ditotal hasil panen cabai rawit sudah mencapai hingga 10 kwintal, dengan dibantu oleh 4 orang pemetik dalam sehari bisa mendapatkan satu kwital lebih cabai. Semoga harga ini akan terus berlanjut sampai masa panen cabainya selesai.’’harapnya.

Sementara itu, berdasarkan data system informasi kebutuhan pokok (Simbok) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kebumen, pada tanggal 9 November 2023 tercatat harga cabai rawit merah sebelumnya 67.500 naik menjadi 77.500; rawit hijau sebelumnya 55.000 naik menjadi 60.000 rupiah. Cabai merah kriting tercatat 67.500  atau naik 2.500 rupiah.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.