Meriahnya Karnaval TETEORE HUT ke- 78 RI dan Hari Jadi ke- 394 Kebumen

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Dalam rangka merayakan HUT ke- 78 Kemerdekaan RI  Pemerintah Kabupaten Kebumen menggelar karnaval dengan tagline TETEORE atau Tertib Tentrem Ora Reang. Kegiatan berlangsung meriah diikuti 122 peserta.

Karnaval sekaligus memperingati  Hari Jadi ke- 394 Kabupaten Kebumen ini dipusatkan di Kota Kebumen, Minggu 20 Agustus 2023. Acara disambut penuh antusias oleh ribuan masyarakat dari berbagai wilayah di Kebumen tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilewati karnaval.

Tepat pada pukul 14.00 karnaval dimulai, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bersama keluarga dan jajaran Forkopimda tampak menaiki traktor roda empat dari halaman Pendopo Kabumian mengitari Tugu Lawet.

Selain itu, peserta karnaval terdiri dari instansi pemerintahan, OPD, kecamatan, berbagai Ormas, partai politik, sekolah baik tingkat SMA sampai perguruan tinggi, kemudian perusahaan baik swasta maupun BUMD, komunitas, paguyuban dan masih banyak lainnya.

“Kita sangat senang sekali, demikian juga masyarakat tahun ini bisa kembali mengikuti Karnaval TETEOR, alhamdulillah masyarakat sangat antusias mengikuti karnaval di sepanjang jalan Kota Kebumen dengan tertib,” ujar Bupati.

Para peserta karnaval tampil dengan gaya dan keunikannya masing-masing, sesuai dengan karakteristik wilayahnya, organisasi, produk dan jasa yang ditawarkan. Misalnya dari komunitas warga Tionghoa yang menampilkan tarian barongsai dan lain sebagainya.

“Kemudian tahun ini juga pesertanya ada dari semua partai politik yang bakal mengikuti peseta demokrasi Pemilu 2024 sekaligus sosialisasi kepada masyarakat. Lalu ada arak-arakan  panji-panji kecamatan. Tiap kecamatan menampilkan apa yang menjadi ciri khas wilayahnya, tadi kita liat ada bawa replika perahu, udang, ogoh-ogoh, ada cepetan, kuda kepang, ada bawa gunungan, ada tarian kuda, binaragawan, lambang garuda, dan banyak macam-macam,” jelas Bupati.

Selain menghibur masyarakat, tentunya dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memberikan multi efek terhadap perputaran ekonomi masyarakat.

“Inilah yang kita harapkan dari semua event yang kita adakan, tentunya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Karnaval tahun ini jalurnya lebih pendek, titik kumpulnya di Stadion Candradimuka, kemudian melewati Jalan Arungbinang, terus melewati Jalan Kusuma, sampai Tugu Lawet belok melewati Jalan Soekarno Hatta, terus sampai  Alun-alun Kebumen, dan berakhir di Jalan Mayjen Soetoyo.(K24/*).


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.