BINDA Jateng Kembali Gelar Vaksinasi Massal untuk Anak

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah, kembali menyelenggarakan vaksinasi massal anak/pelajar usia 6-11 tahun dan masyarakat secara door to door. Vaksinasi dilaksanakan di 6 (enam) wilayah Kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Jepara, Pekalongan, Brebes, Wonosobo, Sukoharjo dan Kebumen, dengan target peserta sebanyak 9.000 orang.

Untuk Kebumen Vaksinasi digelar di Pendopo Kecamatan Kotawinangun, Rabu 19 Januari 2022. Kegiatan diikuti 1.057 anak usia 6-11 th dari 16 Sekolah di wilayah Kecamatan setempat.

Melalui rilisnya, Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H, M.M menjelaskan, vaksin yang dipergunakan untuk anak/pelajar yaitu jenis sinovac dan telah mendapatkan ijin dari BPOM. Sedangkan untuk masyarakat secara door to door serta vaksinasi booster menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan.

Adapun lokasi sentra vaksinasi yang didirikan Binda Jateng sebanyak  9 lokasi antara lain, SDN 1,2 Kembang dan SDN 1 Jinggotan Kabupaten Jepara, SDN Simbangkulon 01 Pekalongan, MIN Pekalongan Kabupaten Pekalongan, SD Kubangjati 02, Kecamatan Ketanggungan, Brebes. Kemudian Baldes Kaligowong dan SDN 2 Kaligowong, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, Pendopo Kecamatan Kutowinangun, Kebumen, serta SDIT Al Madinah Ds. Gampang Kabupaten Sukoharjo dan  SDN Pabelan 2 Kecamatan Kartosuro.

‘’ Vaksinasi anak / pelajar usia 6 – 11 tahun sangat diperlukan mengingat anak juga rentan tertular virus corona. Dukungan orang tua dan seluruh pihak seperti guru sangat diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan vaksinasi anak/pelajar usia 6-11 tahun. Kami berharap orang tua siswa semakin memahami pentingnya vaksinasi untuk anak mereka ditengah pandemi saat ini.’’ujarnya.

Guna menarik minta anak-anak mengikuti vaksinasi, maka dalam kegiatan anak anak juga diajak bermain. Dengan begitu anak-anak tersebut tidak takut jika mereka akan divaksin.

Melalui vaksinasi ini diharapkan varian baru covid 19 tidak menyebar di jawa tengah, Kegiatan ini sekaligus untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menciptakan kekebalan kelompok/herd immunity sehingga masyarakat tahan terhadap virus covid 19 yang terus bermutasi.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kotawinangun dr.Pratama Adiprabawa M.sc. mengatakan untuk sasaran vaksinasi berjumlah sebanyak 4203 anak, dan hingga kini sudah ada sekitar 2826 siswa yang divaksin Itupun baru dosis pertama.

Untuk itu, dengan program vaksinasi dari BINDA Jateng ini, dirasa sangat membantu program percepatan vaksinasi khususnya di Wilayah Kotawinangun. Terlebih vaksinasi disambut penuh antusias oleh anak anak, dan bahkan mereka tidak takut untuk di Vaksin.

‘’Vaksinasi anak sudah kita laksanakan sejak 3 minggu terakhir, dan anak anak cukup antusias, Semoga dengan vaksinasi ini Pembelajaran Tatap Muka bisa berjalan lancar,’’ujarnya.

Hal senada ditambahkan Kapolsek Kotawinangun AKP Krida Risanto SH, dimana pihaknya siap mendukung kelancaran program Vaksinasi yang dilakukan BINDA Jawa Tengah. Salah satunya dengan menerjunkan sejumlah anggotanya untuk berjaga mengawal vaksinasi.

‘’ Pada intinya kami siap menbackup kegiatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kami Polri siap bersinergi dalam rangka mendukung program program pemerintah,’’ucapnya.(K24/*)


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.