KesehatanPemerintahanPendidikan

Ribuan Siswa MAN 2 Kebumen Ikuti Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah

471
×

Ribuan Siswa MAN 2 Kebumen Ikuti Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah

Sebarkan artikel ini

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Ribuan Siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri 2 Kebumen begitu antusias mengikuti pemeriksaan atau screening kesehatan dan Donor Darah. Pemeriksaan kesehatan meliputi Cek Tensi Darah, Gula darah, Gigi, Mata, telinga hingga pengukuran Lila atau Lingkar Lengan Atas.

Kegiatan digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis, 23-24 April 2024. Ini dilakukan atas kerjasama dengan Puskesmas Kebumen 1 dan PMI Kebumen.

Koordinator Puskesmas Kebumen 1, Riyanti, AMD, menjelaskan, kegiatan ini merupakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kebumen. Program ini rutin digelar setiap setahun sekali di seluruh Sekolah sekolah secara serentak.

‘’ Jadi kami datang ke MAN 2 Kebumen ini dalam rangka untuk pemeriksaan Lila serentak. Terus kita gabungkan dengan pemeriksaan screening kesehatan, baik mata, telinga, gigi, terus kebersihan kesehatan lainya. Karna jumlah siswanya banyak maka kami lakukan selama dua hari,’’jelasnya.

Dari pemeriksaan ini, jika nantinya ditemukan ada dari salah satu siswa yang mengalami gangguan dengan kesehatanya, maka akan dirujuk ke Puskesma atau Faskes tingkat Pertama.

‘’ Dari hasil pemeriksaan misal ada yang terdetekasi sakit, maka nanti kami beri rujukan untuk segera di lakukan penanganan lebih lanjut ke Puskesmas Kebumen 1,’’terangnya.

Adapaun tujuanya dilaksanakan kegiatan ini, yakni untuk mendetekasi kondisi kesehatan dan pertumbuhan para siswa sekolah. Menurutnya, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, belum satu pun siswa yang terdeteksi mengalami gangguan kesehatan.

‘’ Hasil pemeriksaan selama ini, Alhamdulillah semua siswa sehat, kondisinya baik semua,’’imbuhnya.

Sementara itu, Pembinan Palang Merah Remaja (PMR) Suciati mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mendetekasi kondisi kesehatan para siswa, terutama remaja putri. Diharapkan remaja putri nantinya akan sehat dan jika nanti suatu saat menikah menjadi seorang ibu bisa melahirkan anak-anak yang sehat.

‘’ Jadi ini kan screening kesehatan mulai dari tekanan darah, Hemoglobin atau HB, hingga lila, tujuanya untuk mengetahui kondisi kesehatan terutama remaja putri itu sehat, dan harapanya ketika menikah nantinya bisa menjadi ibu yang melahirkan bayinya sehat. Dengan begitu kedepannya Kebumen memiliki generasi emas yang sehat-sehat,’’ujarnya.(k24/*).


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.