,

Cegah Kejadian Buruk di Pilkada, Polres Kebumen Gelar Simulasi Pengamanan Anarkis

oleh -
FOTO KEGIATAN SIMULASI PILKADA POLRES KEBUMEN

KEBUMEN, Kebumen24.com – Guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pada pIlkada yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang, Polres Kebumen menggelar Apel dan Simulasi Pengamanan penanggulangan anarkis di Halaman Mapolres Kebumen.

 

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Rabu 2 September 2020 itu, Simulasi dilakukan dengan skenario pengamanan ketika terjadi rusuh masa saat penghitungan suara. Dimana disimulasikan ada sekelompok pendukung yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara dan melakukan unjuk rasa ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kebumen.

 

Pihak pengamanan dari Polres Kebumen pun melakukan tugasnya guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Mulai dari formasi dalmas awal dan melibatkan Polwan sebagai bagian dari tim negosiator.

 

Hingga akhrinya, diturunkan mobil water cannon untuk mengurai masa yang disimulasikan anarkis hingga tim raimas atau pengurai massa untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

 

Kegiatan tersebut disaksikan langsung Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Ketua KPU Kebumen Yulianto, Bawaslu, Kasat PolPP Kebumen R. Agung Pambudi, Ketua DPRD Kebumen Sarimun, serta Anggota Forkopimda Lainya.

 

Disela sela kegiatan Kapolres Kebumen menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan sebagai bentuk persiapan pengamanan Pilkada 2020 agar dapat berjalan lancar dan kondusif. Simulasi dilakukan mulai dari situasi aman sampai dengan kontigensi dan apabila konflik sosial terjadi. Dari simulasi ini diharapkan para personel Polres Kebumen mengetahui gambaran bagaimana mengatasi masalah jika situasi tersebut benar terjadi.

 

‘’ Kegiatan ini untuk mengantisipasi adanya aksi anarkis yang bisa saja terjadi saat Pilkada nanti. Kendati begitu kami tetap tidak menginginkan terjadi. Kita simulasikan mulai dari tahapan pengawalan logistik Pemilu menuju KPU, tahap kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan penghitungannya. Mudahan-mudahan ini hanya simulasi saja. Kita berharap Kebumen kondusif,” ungkap AKBP Rudy.

 

FOTO KEGIATAN SIMULASI PENGAMANAN PILKADA 2020

Adapun jumlah petugas pengamanan yang diterjunkan pada Pilkada nanti. Sedikitnya ada 857 personel dan akan bertugas tersebar di setiap TPS.

 

‘’ Dengan 857 pasukan ini, kita siap mengawal suksesnya pilkada 2020 nanti,’’ujar AKBP Rudy.

 

Saat ditanya mengenai daerah berpotensi rawan, Kapolres menegaskan bahwa untuk wilayah Kebumen sejauh ini kondusif dan kendati ada, kerawanan hanya secara geografis saja karna daerahnya terletak di pegunungan.

 

‘’ Sejuah ini Kebumen kondusif, kerawanan hanya secara geografis saja bukan rawan kejadian tindakan anarkis,’’imbuhnya.

 

Pihaknya ,mnghimbau kepada seluruh masyarakat, agar turut serta mensukseskan pilkada agar berjalan aman damai sejuk dan kondusif. Selain itu masyarakat juga diminta agar tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid 19.

 

‘’ Mari dukung pilkada yang bersih aman dan k0ondusif dan tetap patuhi protokol kesehatan covid 19,’’pungkas Kapolres.

 

FOTO BERSAMA

Sementara itu, Ketua KPU Kebumen Yulianto menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pilkada 2020 ini sedikitnya ada 3155 TPS yang tersebar di wilayah Kebumen. Adapun tahapan pilkada telah dilaksanakan dengan tetap mengedepankan Protokol kesehatan Covid 19. Hingga saat ini tahapan Pilkada memasuki tahap pendaftaran paslon yang akan dilaksanakan pada 4 sampai 6 September mendatang.

 

‘’ Sampai Saat ini tahapan Pilkada sampai pada pendaftaran Paslon dan dilaksanakan pada Tanggal 4 hingga 6 September 2020. Untuk tanggal 4 dan 5 buka mulai pukul  8 sampai 16: 00  wib, dan tanggal 6 mulai jam 8 sampai 24.00 wib,’’terang Yulianto.

 

Selain itu pihaknya juga menjelaskan, untuk pengiriman surat suara nantinya akan di lakukan dengan pengawalan ketat dari petugas, khusunya di daerah yang secara geografis rawan karna di wilayah pegunungan. Kendati begitu untuk tahun ini seluruh TPS masih bisa dijangkau dengan kendaraan.

 

‘’Tidak seperti tahun sebelumnya, pendistribusian ada yang mengunakan perahu. Dan untuk tahun ini insya Alloh lebih mudah karna kendaraan bisa langsung masuk ke daerah yang biasanya sulit di jangkau,’’imbuh Ketua KPU.

 

Adanya semulasi tersebut, Ketua DPRD Kebumen Sarimun berharap pelaksanakan Pilkada Kebumen 2020 nantinya dapat berjalan lancar dan kondusif.

 

‘’ Kami mendukung kegiatan ini, semoga pilkada berjalan lancar dan kondusif,’’ ujar Sarimun. (THR).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.