Berlangsung 3 Hari, Polres Kebumen Gelar Ujian Beladiri Polri

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Selama tiga hari ke depan, Polres Kebumen menggelar kegiatan Pelatihan dan Ujian Beladiri Polri (BDP) Periodik I tahun anggaran 2024. Pelatihan dan Ujian Beladiri Polri (BDP) dilaksanakan di halaman Mapolres Selasa 27 Februari 2024.

Wakapolres Kompol Muhammad Nurkholis berpesan kepada para peserta, agar dilaksanakan secara maksimal untuk mendapatkan manfaat dari Pelatihan dan Ujian Beladiri Polri.

“Laksanakan dengan maksimal, karena nantinya rekan-rekan semua yang memetik hasilnya. Rekan-rekan jadi semakin terlatih, serta mendapatkan nilai yang bagus dari ujian beladiri ini,” jelas Kompol Nurkholis.

Sementara itu, Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto mengungkapkan, Pelatihan dan ujian BDP wajib diikuti oleh seluruh anggota karena merupakan bagian dari komponen penilaian program 13 kompetensi SDM Polri yang unggul.

“Karena menjadi syarat utama saat mengikuti seleksi pendidikan, serta sebagai syarat pengusulan naik pangkat, maka seluruhnya wajib mengikuti ujian beladiri ini secara sungguh-sungguh,” jelas AKP Heru.

Sebelum ujian dimulai, para peserta mengikuti serangkaian test kesehatan dari Sidokkes Polres Kebumen. Jika dinyatakan sehat dan bisa mengikuti ujian beladiri, pada tahap selanjutnya para peserta mengikuti materi ujian dari panitia.

Materi ujian diantaranya, teknik dasar beladiri, teknik beladiri tanpa alat, dan teknik beladiri dengan alat atau melawan tanpa alat. Masing-masing materi ujian akan dinilai oleh panitia sesuai kesempurnaan gerakan saat diuji.

Ujian BDP juga dilaksanakan secara periodik setiap 6 bulan sekali, mulai pangkat Bripda hingga dengan pangkat Iptu. Kegiatan ini sekaligus untuk optimalisasi pemeliharaan peningkatan kemampuan beladiri personel untuk menunjang penugasan. Sisi positif lainnya, Ujian BDP juga termasuk sarana olahraga untuk menjaga kebugaran tiap-tiap personel.

“Tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum, maka setiap anggota Polri wajib menguasai beladiri Polri,” imbuh AKP Heru.

Hasil ujian beladiri selanjutnya akan dilaporkan ke Polda Jateng sebagai data personel bagian dari komponen penilaian program 13 kompetensi SDM Polri yang unggul.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.