PMI Kebumen Gelar Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menggelar Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Pusdiklat PMI Kebumen, selama empat hari, mulai 29 November hingga 2 Desember 2023.

Pelatihan dibuka Ketua PMI Kebumen Drs.H. Sabar Irianto. Kegiatan diikuti sekitar 20 peserta yang berasal dari relawan PMI Kebumen

Ketua PMI Kebumen menjelaskan tentang kewajiban relawan yang harus siaga 24 jam dalam memberikan pertolongan pertama. Setelah kegiatan selesai peserta akan mendapatkan sertifikasi BNSP dari Pusat

“Relawan harus siap ditempatkan dimanapun dan kapanpun dalam 24 jam, terutama dalam hal pertolongan pertama. Maka dari itu kapasitas pengetahuan bagi relawan sangat perlu ditingkatkan melalui spesialisasi pertolongan pertama ini relawan diharapkan mampu mengupgrade kemampuannya masing-masing,” Ujar Sabar Irianto.

Adapun Pelatihan menghadirkan narasumber handal, yaitu Heri Bule dari PMI Pusat, dan Sekretaris PMI Kebumen, Mukhsinun, S.H.I., M.E.I.

Materi diberikan berupa Kepalangmerahan, Operasional pelayanan PP, Prinsip umum PP, Psyhicological First Aid (PFA), Anatomi Faal tubuh dan penilaian, BHD & RJP AED, Perdarahan dan syock, Penanganan cedera jaringan lunak dan otot. Selain itu Penanganan cedera rangka kepala dan tulang belakang, Evakuasi dan triage, Luka bakar dan keracunan, Terapi cairan dan oksigen  serta Konsumsi medis.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.