PemerintahanPILKADES

Untuk Pengamanan Pilkades Serentak di Kebumen, 800 Pasukan Gabungan Disiapkan

495
×

Untuk Pengamanan Pilkades Serentak di Kebumen, 800 Pasukan Gabungan Disiapkan

Sebarkan artikel ini

KEBUMEN, Kebumen24.com – Untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kebumen, sebanyak 800 personel gabunan disiapkan.  Ini terdiri dari unsur Polri Polres Kebumen, Kodim 0709 Kebumen, Satpol PP, dan Linmas.

Ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan yang berlangsung di halaman pendopo Kabumian, Jumat 8 September 2023. Hadir Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin serta jajaran forkopimda lainya.

Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih yang mewakili Bupati menyampaikan, apel kesiapsiagaan ini adalah bentuk sinergitas, kewaspadaan dan kehati-hatian dari pemerintah daerah untuk mengamankan jalannya Pilkades serentak yang akan berlangsung pada 12 September 2023.

“Ini bentuk sinergitas yang luar biasa antara pemerintah kabupaten dengan kepolisian dalam hal ini Polres Kebumen dan juga TNI dari Kodim 0709/ Kebumen. Kita semua bersinergi mensukseskan Pilkades serentak yang akan berlangsung 12 September besok. Kita berharap dengan kesiapan bersama pelaksanaan Pilkades bisa berjalan lancar, aman, dan terkendali. Kemudian kita juga berharap dengan Pilkades ini bisa melahirkan kepala desa yang berintegritas, bisa bekerja untuk kemajuan masyarakat desa,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres menyatakan, dalam pengamanan Pilkades ini, pihaknya menyiapkan 800 pasukan, terdiri dari 338 anggota kepolisian, 200 anggota TNI, 150 anggota Satpol PP, dan sisanya dari Satuan Linmas. Mereka akan disiapkan untuk menjaga ketertiban masyarakat.

“Kami menempatkan minimal dua personel Polri di setiap TPS, kemudian ditambah satu personel TNI dan 2 personel  Linmas. Pada Senin sore besok anggota sudah disebar ke semua desa yang akan menggelar Pilkades,” ucapnya.

Ia menyebut sampai saat ini situasi kamtibmas cukup aman terkendali. Untuk pencegahan, pihaknya melakukan patroli terpadu dengan membagi tiga rayon:  timur, tengah dan barat.

“Sementara ini cukup aman, dan kita tetap selalu siap siaga,” tuturnya.

Dandim 0709/ Kebumen Letkol CZi Ardianta Purwandhana menambahkan, dalam menjaga keamanan ini, TNI dan Polri tetap menjaga netralitas, tidak mendukung kepada salah satu calon manapun. Ia berharap Pilkades serentak ini berjalan aman dan lancar.

“Kalau nantinya ada situasi yang krodite, kita dari TNI Polri akan melakukan penambahan pasukan, semua kemungkinan itu sudah kita antisipasi dan kita siapkan pengamanannya,” tegasnya.

Diketahui Pilkades serentak di Kabupaten Kebumen akan berlangsung pada 12 September, ada 49 desa di 22 kecamatan yang mengikuti Pilkades serentak tahun ini, dengan total calon kades sebanyak 144 orang.(K24/*).


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.