PemerintahanPendidikan

Personel Polres Kebumen Jalani Ujian Samjas Semester II

433
×

Personel Polres Kebumen Jalani Ujian Samjas Semester II

Sebarkan artikel ini

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Personel Polres Kebumen mengikuti  Ujian Kesamaptaan Jasmani (Samjas). Kegiatan digelar selama tiga hari, sejak tanggal 6-8 September 2023.

Ujian Samjas dibuka langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin di Stadion Candradimuka Kebumen. Setelah mengikuti pengecekan kesehatan, para peserta mengikuti ujian lari 12 menit mengelilingi sirkuit lari stadion.

“Ujian Samjas masuk ke dalam penilaian program 13 komponen dari SDM Polri. Jadi laksanakan ujian ini dengan sungguh-sungguh,” jelas AKBP Burhanuddin.

Ujian Samjas yang dilakukan 6 bulan sekali itu wajib diikuti seluruh personel Polres Kebumen, termasuk seluruh ASN Polres Kebumen.

Ujian Samjas memiliki tujuan untuk mengukur tingkat kebugaran masing-masing personel. Tujuan lain dari Ujian Samjas adalah program pengendalian berat badan melalui penilaian indeks massa tubuh.

“Dari Ujian Samjas itu pula, akan diketahui kesiapan stamina serta sekaligus untuk memelihara kesehatan, agar selalu siap menjalankan tugas kepolisian,”imbuhnya.

Adapun asil penilaian Ujian Samjas selanjutnya akan dilaporkan ke Polda Jateng. Pentingnya mengikuti penilaian Ujian Samjas dan masuk ke dalam Program 13 menjadi salah satu syarat personel untuk bisa mengikuti pendidikan pengembangan umum Polri, ataupun ASN Polri, termasuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat serta pendidikan lanjutan bagi ASN Polri.

Setelah lari 12 menit, para peserta selanjutnya mengikuti rangkaian test diantaranya lari 12 menit, push up, pull up, sit up, dan shuttle run.

“Jika pada awal pengecekan kesehatan didapati kesehatan personel kurang vit, Ujian Samjas baru bisa diikuti pada hari selanjutnya saat kondisi kesehatan telah kembali normal,” pungkasnya.(K24/*)

 


Eksplorasi konten lain dari Kebumen24.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.