Bupati Kebumen Teken MoU dengan Pengelola Geopark Thailand dan Malaysia

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sebagai Pengelola Geopark Kebumen (KaUGGp) melakukan kerjasama atau MoU dengan Pengelola Geopark Satun (SUGGp), Thailand dan Pengelola Geopark Langkawi (LUGGp), Malaysia.

MoU dilaksanakan pada acara Konferensi Internasional ke-10 tentang Geopark Global UNESCO di Maroko. MoU ditandatangani langsung Bupati Arif Sugiyanto dan Kepala Bappeda Kebumen Edi Rianto dengan delegasi dari Geopark Sotun, Thailand dan delegasi Geopark Langkawi, Malaysia.

Bupati menuturkan, sebelum MoU para delegasi lebih dulu melaksanakan pertemuan atau rapat mengenai potensi geopark dari daerahnya masing-masing. Mereka sepakat bekerjasama untuk saling mendukung potensi geopark agar lebih mendunia.

“Dengan menandatangani kesepakatan ini, SUGGp dan LUGGp dengan KaUGGp menyatakan kesediaannya untuk melibatkan diri dalam kegiatan-kegiatan kolaboratif,” ujar Bupati dalam keterangannya, Sabtu 9 September 2023.

Bupati mengungkapkan hasil MoU itu antara lain, akan berkomunikasi lebih lanjut dan bertukar gagasan  serta pengalaman perihal perlindungan atau konservasi geoheritage, pengenalan geosains dan pembangunan geoturisme lokal.

“Kita juga sepakat melakukan kerjasama di bidang kebudayaan dan wisata, untuk bisa mempercepat pembangunan berkelanjutan diantara kedua geopark baik dengan Geopark Sotun Thailand dan Geopark Langkawi, Malaysia,” ucapnya.

Selain itu kerjasama ini juga menyangkut informasi penggunaan teknologi melalui internet dan perangkat lainnya dalam rangka berbagi pengalaman dalam pengembangan dan promosi geopark.

“Kita ikut merencanakan pengelolaan bersama untuk program edukasi, misalnya komunikasi antara para siswa sekolah dengan geopark setempat,” ucapnya.

Lebih dari itu, Bupati menuturkan para delegasi juga menyampaikan keinginannya datang ke Kebumen untuk melihat langsung potensi Geopark Kebumen, sekaligus melakukan riset tentang potensi Geopark Kebumen.

Usai MoU kedua delegasi saling bertukar cindramata geo produk. Dari Geopark Kebumen memberikan kain batik, anyaman pandan dan plakat logo Geopark dengan material kayu lokal Kebumen.

Geopark Satun memilik kerajinan yang hampir mirip dengan Geopark Kebumen Indonesia. Salah satunya kain batik khas Satun yang bergambarkan fosil-fosil binatang Laut purba yang ditemukan di Geopark Satun.

Diketahui acara di Maroko, Bupati didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Edi Rianto, Ahli Peneliti Ahli utama BRIN sekaligus Ketua Dewan Pakar Geopark Kebumen, Chusni Ansori, dan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Alfia Diananita Zulfa.(K24/*).

Tentang Penulis: Redaksi Kebumen24.com

Gambar Gravatar
Berita Kebumen Terkini

Terimakasih telah mengikuti portal berita kami

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.