Pemkab Kebumen Perpanjang Masa Tanggap Darurat Hingga Akhir Juni

oleh -
FOTO KGEIATAN RILIS TIM GUGUS COVID 19 KEBUMEN

KEBUMEN, Kebumen24.com- Pemkab Kebumen memutuskan untuk memperpanjang masa tanggap darurat bencana non alam yang disebabkan oleh virus corona hingga 29 Juni 2020 mendatang. Masa tanggap darurat bencana non alam periode dua ini tertuang melalui Keputusan Bupati, mengingat kondisi sebelum ditetapkan keputusan tersebut masih terdapat pasein positif Covid-19.

 

“Karena sebelumnya pada 29 Mei kemarin kita masih ada kasus yang terkonfirmasi positif,” kata Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto saat jumpa pers, di Command Center Covid-19 Kebumen, Rabu malam, 10 Juni 2020.

 

Selaras dengan Kepres No 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional dan Surat Edaran Gugus Tugas No 6 Tahun 2020 tentang Status Keadaan Darurat Bencana Non Alam sebagai bencana nasional. Pemkab Kebumen memandang perlu untuk memperpanjang masa tanggap darurat setelah melalui berbagai pertimbangan berdasar kajian.

 

Meski sementara ini Kebumen tidak ada lagi penambahan kasus positif. Pihaknya terus gencar melakukan berbagai upaya dalam memutus penyebaran virus mematikan Covid-19. Termasuk membentuk tim gabungan pemantau di tingkat kecamatan.

 

“Bentuk komitmen gugus tugas di lapangan terus kami jaga, ada tim pemantau di kecamatan akan bergerak. 5 tim itu terdiri dari unsur TNI, Polri, Dinkes, Satpol dan Dishub,” ujar Cokro.

 

Disinggung menghadapi penerapan tatanan hidup baru atau new normal di Kebumen. Ia mengartikan bahwa era new normal bukan berarti akhir dari ancaman penyebaran Covid-19. Justru, kata Cokro, momentum ini hendaknya dijadikan motivasi masyarakat membangun kedisiplinan dengan menerapkan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan.

 

“Menyambut penerapan new normal life sebenarnya kita ini malah dituntut agar lebih disiplin lagi. Bagaimana mempertahankan zero kasus Covid-19 di Kebumen,” tutupnya. (K24/Hfd)