Warga Alian Konsissten Kembangkan Pembibitan Kelapa Genjah Entog

oleh -

ALIAN, Kebumen24.com – Kebumen memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, salah satunya melalui bidang sektor pertanian. Dalam hal ini Budidaya Pembibitan Kelapa Genjah Entog.

Jenis kelapa ini masih diterus di kembangkan oleh Ahmad Subagiono warga Dukuh Benjaran RT/RW 02/05, Desa Bojongsari, Kecamatan Alian. Sejak tahun 1996 Kakek 70 tahun ini sudah menjadi penangkar kelapa genjah entog.

Menurutnya pohon kelapa genjah memiliki beberapa kelebihannya diantaranya waktu berbuah lebih cepat, yaitu tiga sampai empat tahun. Tdak seperti pohon kelapa pada umumnya yang 10 tahun baru berbuah. Buahnya yang dihasilkan juga lebih banyak yaitu 15 sampai 16 buah bahkan terkadang bisa sampai 20 buah tiap tandannya.

“Kalo kelapa genjah dari atas sampai bawah itu pohonnya kecil sedangkan pohon kelapa dalam  membesar ada pinggulnya, pohonya masih rendah sudah berbuah yaitu 70 cm sampai 1 m sudah berbuah,” ucapnya Minggu 26 September 2021.

Untuk harga 1 bibit kelapa genjah ia dijual Rp30.000 dengan tinggi bibit 10 sampai 15 cm sedangkan  untuk tinggi bibit sekitar 70 cm dijual Rp40.000. Buah yang jadikan bibit ia dapatkan dari pohon kelapa miliknya sendiri dan membeli dari warga sekitar.

Pembelinya tidak hanya dari dalam kota namun dari berbagai daerah seperti Purworejo, Magelang hingga Lampung. Namun jika akan membeli pembeli harus memesan terlebih dahulu, karena butuh waktu yang cukup lama untuk menjadikan buah kelapa menjadi bibit yang siap dijual.

“Pembeli dari berbagai daerah, kirim ke Kalimantan juga pernah. Kemarin kirim ke Lampung Kruwi 5000 buah,” imbuhnya.

Subagiono mengatakan permintaan saat ini bibit kelapa genjah masih cukup tinggi. Ia berharap kepada masyarakat bisa menanam pohon kelapa genjah supaya stok bisa tercukupi.(K24/ILHAM).