Tingkatkan Kesehatan Santri, RSDS Kebumen Gelar Pengobatan Gratis di Pondok Pesantren

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soedirman Kebumen kembali menggelar kegiatan Sosiomedis. Kali ini Program untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tersebut dilaksanakan di Tathmainnul Quluub Kelurahan Tamanwinangun Kebumen, Rabu 24 November 2021.

Kegiatan diisi dengan berbagai kegiatan bakti sosial, diantaranya yaitu pengobatan gratis Skrining, khitanan massal dan operasi katarak. Hadir secara langsung Asisten 1 Kebumen Edi Riyanto, Asisten 3 Sekda Kebumen Bidang Administrasi Amin Rahman Nurasyid, Kepala Dinas Kesehatan Kebumen Dwi Budi Satrio, Dewan Pengawas Kusbiyantoro. Direktur RSDS Kebumen Dr Widodo Suprihantoro serta Ketua Yayasan Tathmainnul Quluub Gus Fatkhu Amanullah.

Direktur RSDS Kebumen Dr Widodo Suprihantoro mengatakan kegiatan sekaligus dalam rangka mendukung program Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yakni Sibusah (Santri Sehat dan Berkah).  Adapun sunatan massal diberikan kepada 50 peserta, pengobatan gratis sebanyak 150 orang dan operasi katarak 20 orang.

“Kalau untuk katarak hari ini hanya pemeriksaan biasa, oprasinya akan dilaksanakan pada Sabtu besok,”terangnya.

Terselenggaranya kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian rumah sakit melalui Program Corporate Social Responsibility atau CSR. Dimana pihak rumah sakit berkewajiban memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan. Termasuk untuk mewujudkan Kebumen semarak di bidang kesehatan.

‘’ Sasaran dari Sosiomedis kali ini adalah para santri dan masyarakat yang berada di sekitar pondok pesantren. Dan ini sudah kita lakukan di sejumlah tempat, sebelumnya belum lama ini kami juga melakukan sociomedis di Kalitengah, Gombong,”imbuh Widodo.

Widodo menjelaskan dipilihnya pondok Pesantren sebagai sasaran Sosiomedis ini untuk merubah image masyarakat, bahwa Pondok juga bersih dan sehat. Untuk itu kegiatan ini akan dilaksanakan di Pondok pondok Pesantren lainya dengan menggandeng Puskesmas.

Sesuai arahan Bupati, kami siap untuk menghadirkan lagi layanan kesehatan untuk para santri di Pondok Pesantren. Kami akan menggandeng Puskesmas di masing-masing wilayah untuk menghadirkan layanan kesehatan di Ponpes,” tandasnya.

Adanya kegiatan tersebut Bupati Kebumen dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 3 memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pihak RSUD Dr. Soedirman. Menurutnya ini merupakan wujud bukti nyata kepedulian dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Apalgi dilakukan dengan turun langsung dan gratis.

“Kegiatan ini tentunya sangat mendukung komitmen pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Serta kaitannya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jadi ini perlu ditingkatkan, demikian juga rumah sakit yang lain,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan pemkab sangat memahami bagaimana kehidupan para santri di Ponpes. Untuk itu Bupati juga memiliki program Sibasuh yaitu Program Bapak Asuh, dimana sasarannya adalah santri pondok pesantren yang kurang mampu.

“Kemudian untuk vaksinasi, kita juga sudah memberikan pelayanan vaksin untuk para santri di Pondok Pesantren. Sehingga santri punya kekebalan tubuh untuk melindungi diri dari virus Covid-19,” terangnya.

Terakhir Bupati mengajak kepada masyarakat untuk selalu berprilaku hidup sehat. Terlebih di masa pandemi ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Tathmainnul Quluub Gus Fatkhu Amanullah mengaku sangat berterimakasih dengan kegiatan ini. Menurutnya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama bagi para santri dari keluarga kurang mampu.

” Semoga nanti bisa terus bekerjasama antara pemerintah daerah, Ponpes dan RSUD Dr Soedirman,”ucapnya.(K24/IMAM)..