KEBUMEN, Kebumen24.com,- Dalam Rangka Implementasi Program SIBUSAH (santri Kebumen Sehat dan Berkah), Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto secara resmi melaunching Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) dan Telesehat Desa. Program ini merupakan layanan kesehatan bagi para santri, khususnya yang tinggal di Pondok Pesantren.

Launching ditandai dengan pemukulan Gong, di Pondok Al Kahfi Somalangu, Desa Sumberadi Kecamatan Kebumen, Senin 12 April 2021. Hadir Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, Pengasuh Ponpes Al-Kahfi KH. Afiffudin Ahmad Al-Hasani serta para OPD Terkait.

Bupati Arif Sugiyanto menjelaskan diluncurkannya program ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan para santri, sehingga terwujud santri kebumen yang bersih dan sehat. POSKESTRAN akan dilengkapi dengan peralatan kesehatan dan tenaga medis, serta pendampingan dari Puskesmas.

,,’’Pemerintah juga akan menyiapkan kendaraan layanan kesehatan, khusus bagi pondok pesantren. Dengan begitu diharapkan para santri bisa secara mudah mengecek kesehatan mereka tanpa susah payah datang ke kota,’’ujar Bupati.

Program sekaligus sebagai sarana edukasi para santri untuk mendeteksi penyakit secara dini hingga penanggulangannya. Disini, para santri juga bisa dengan mudah melakukan konsultasi kesehatan.

” Keluhanya apa, sakitnya kenapa, semua bisa ditanyakan langsung. Santri bisa sharing dan konsultasi,” pungkasnya.(K24/IMAM).

By Redaksi

Redaksi Kebumen24