Tahun ini, Kepala Desa di Kebumen Akan Terima Motor Baru NMax, Pemkab Siapkan Dana Rp 6,1 M

oleh -2.512 views
ILUSTRASI

KEBUMEN,Kebumen24.com – Pemkab Kebumen berencana memberikan kendaraan dinas baru dengan spesifikasi motor jenis Yamaha N-Max non ABS. Namun, kuota pengadaan untuk tahun 2021 belum mampu memenuhi seluruh kepala desa hanya sebagian saja.

 

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kebumen Aden Andri Susilo, melalui pesan singkatnya, Jumat 8 Januari 2021. Dirinya mengatakan terdapat pagu anggaran sebesar Rp 6.103.026.000. Adapun rencana pengadaan kendaraan dinas kades spesifikasi roda dua sport 100-150 CC dengan indeks harga Rp 30,2 juta tiap unit.

 

Pengadaan kendaraan dinas kades tahun ini hanya 202 unit, katanya,

 

Pengadaan tersebut masih jauh dari jumlah keseluruhan kepala desa di Kebumen sebanyak 449 orang. Terkait penyaluran, Aden menegaskan hingga kini masih dalam pembahasan. Sesuai rencana, prioritas penerima tahun 2021 akan diberikan mendasari indikator kinerja pemerintahan desa.

 

Untuk kekurangannya rencana pengadaan tahun 2022, imbuhnya.

 

Waktu pengadaan kendaraan dinas baru, lanjut Aden, masih menunggu katalog resmi kendaraan. Pada tahun-tahun yang sudah berjalan, e-katalog akan muncul Maret sehingga pengadaan baru terealisasi April ataupun Mei. Bilamana kendaraan baru siap, motor dinas yang sekarang digunakan kades akan ditarik.

 

Ketentuannya penyerahan kendaraan dinas baru jika yang lama telah selesai administrasi terutama pajak. Kalau sudah selesai, baru dikasih kendaraan dinas baru, tandasnya.

 

Terkait pemberian kendaraan dinas baru, Aden mengharapkan agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerima. Aset barunya tersebut pun juga diharapkan dikelola dengan baik. Kepala desa juga diminta dapat meningkatkan kinerja roda pemerintahan desa. (K24/THR/LK).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan