Sungai Karanganyar Meluap, Jalan Raya dan Pusat Perbelanjaan Tergenang Banjir

oleh -
Foto ; Kondisi banjir luapan Sungai Karanganyar (istimewa)

KARANGANYAR, Kebumen24.com – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Kebumen, Kamis 1 April 2021. Debit aliran sungai tampak meningkat dibeberapa tempat. Salah satunya Sungai Karanganyar yang juga menyebabkan luapan air menggenangi jalan raya dan pusat perbelanjaan.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen Teguh Kristiyanto mengungkapkan, hujan deras melanda Kebumen mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.30 WIB. Ketinggian genangan air di ruas Jalan Nasional tepatnya di Karanganyar bervariasi mulai 20 hingga 30 centimeter.

“Menyebabkan arus lalu lintas tersendat,” katanya.

Dijelaskannya, petugas termasuk dari pihak kepolisian turun untuk membantu mengatasi kemacetan yang timbul. Namun demikian, seiring berhenti hujan genangan air di lokasi tersebut mulai berkurang.

“Air sudah mulai surut dan arus lalu lintas mulai lancar,” imbuhnya.

Pada bagian lain, juga dilaporkan terjadi kerusakan rumah akibat hujan angin. Kejadian tersebut menimpa rumah milik Darwan (45) warga Dukuh Luwung, RT 01 RW 02, Desa Wonoharjo. Kecamatan Rowokele. Rumah korban ambruk sekira pukul 17.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Kondisi saat ini korban mengungsi di rumah saudara,” jelasnya.

Teguh menambahkan, hingga kini belum dilakukan pembersihan karena kondisi malam hari dan masih hujan. Namun demikian, tim BPBD Kebumen sudah melakukan asesmen ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan pemerintah desa. Nantinya akan dilakukan penanganan kerjabakti warga.

“Kebutuhan bahan material, logistik buat kerja bakti,” tandasnya. (K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan