KEBUMEN, Kebumen24.com,- Guna memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan lancar, Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar. Dalam sidak tersebut, masih banyak ditemukan para pedagang maupun pembeli yang tidak mengunakan masker.

Melihat konsisi tersebut, Wabup mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut, terlebih saat ini banyak masyarakat yang datang ke pasar untuk berbelanja membeli kebutuhan jelang lebaran Idul Fitri.  Sidak dilalukan bersama Asisten 2 Kebumen Nugroho Tri Waluyo, Kepala Disperindagsar Kebumen Widiatmoko dan SatpolPP, Selasa, 4 Mei 2021.

‘’ Terus terang kami sangat prihatin melihat masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Terlebih saat ini, gelombang 2 wabah covid 19 sudah mulai mengancam berbagai negara seperti di India dan Malaysia,’’ujar Wabup Rista.

Berkaca dari itu, Wabup meminta kepada seluruh masyarakat Kebumen untuk tidak menyepelekan protokol kesehatan. Apalagi dari data terkahir peningkatan angka kasus covid 19 di Kebumen bertambah kembali hingga 40 orang.

” Di pasar Tumenggungan ada hampir 50 persen mereka tidak mengenakan masker, kami edukasi mereka agar menggunakan masker, diketahui saat ini penyebaran wabah covid 19 masih cukup mengkhawatirkan,” ucapnya.

Lebih lanjut menurut Rista saat ini juga masih banyak masyarakat yang nekat pulang kampung meskipun sudah ada larangan mudik dari Pemerintah Pusat. Ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pemerintah jika protokol kesehatan tidak di indahkan. Untuk itu, Pemerintah Desa juga harus menguatkan posko satgas covid 19 di masing masing desa. Terutama harus bisa memantau kedatangan masyarakat dari luar kota.

‘’ Kepada seluruh masyarakat Kebumen yang berada di perantauan agar tidak mudik, dikarenakan ada larangan dari pemerintah pusat,’’imbaunya.

Usai sidak kegiatan dilanjutkan ke Pasar Bocor Kecamatan Buluspesantren untuk memastikan Penerapan PPKM mikro berjalan dengn baik. Selain itu Wabup juga memberikan arahan agar satgas Covid 19 terus dikuatkan.(K24/IMAM)

By Redaksi

Redaksi Kebumen24