Sempat Tertutup Longsor, Jalan Karangsambung – Sadang Akhirnya Kembali Terbuka

oleh -

KARANGSAMBUNG, Kebumen24.com – Tertutupnya akses jalan Karangsambung – Sadang akibat tanah longsor disertai batu besar kini sudah bisa kembali dilalui. Ini dikarnakan Tim Gabungan sigap dan langsung bergerak cepat menangani reruntuhan longsor yang terjadi di Selaranda Desa Langse Kecamatan Karangsambung, Selasa 14 September 2021.

Dengan menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP Kebumen, Petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri, Satpol, Damkar, Bagana, Perhutani dan warga setempat bersama sama membersihkan reruntuhan tanah dan batu longsor. Termasuk berupaya menurunkan batu besar yang masih diatas.

Kasi Kedaruratan Bencana BPBD Kebumen,Uko Ferdianto menjelaskan hingga kini petugas tengah berupaya menurunkan batu yang masih menggantung diatas. Upaya ini dilakukan untuk mencegah korban jiwa jika longsor kembali terjadi.

Untuk itu masyarakat diimbau agar lebih waspada dan lebih berhati hati terhadap bencana alam. Terlebih saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan.

” Memasuki musim penghujan cuaca cukup ekstrim, untuk pengguna ruas jalan Karangsambung-Sadang agar lebih waspada karena masih ada potensi longsor susulan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua RT/RW 03/03 dukuh Jatibungkus Desa Langse, Rasimin (52) mengungkapkan. Longsor ini terjadi pada Senin 13 September 2021 sekitar pukul 18.30 Wib. Longsor pertama kali diketahui saat salah seorang warganya mendapat telepon dari desa sebrang sungai yaitu Desa Karangrejo, Kecamatan Karanggayam.

“Desa sebelah Desa Karangrejo mendengar suara gemuruh kaya petir jadi geger, otomatis warga Karangreja telpon ke warga sini dikira ada korban jiwa ternyata Alhamdulillah tidak ada. Akses jalan sempat terputus roda 4 tidak bisa lewat sekitar 3 jam, karena ada batu besar ditengah jalan,” ucapnya.(K24/ILHAM).