Sejumlah Tukang Becak dan Ojol di Kebumen Keluhkan Perpanjangan PPKM Level 4

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat Level 4 dikeluhkan oleh sejumlah masyarakat. Tak terkecuali bagi para Tukang Becak dan Pengemudi Ojek Online di Kebumen. Mereka menilai kebijikan ini justru melumpuhkan sendi sendi ekonomi khususnya rakyat bawah.Seperti di utarakan Mudiono, salah satu Tukang becak yang mangkal di pasar Koplak Dokar Kebumen, Rabu, 28 Juli 2021.Menurutnya, sejak adanya pandemi pendapatannya menurun hingga 50 persen. Belum lagi ditambah adanya PPKM darurat yang hingga kini justru malah diperpanjang, Ini dirasa sangat berdampakan pada menurunya pendapatan sehar hari.

“Sebelum ada pandemi Rp.50.000 bisa di dapat namun setelah adanya pandemi ditambah PPKM buat beli bensin saja susah,” keluhnya.

Terkait Bantuan Sosial, Mudiono mengaku sejak adanya pandemi dirinya belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan dari pemerintah. Padahal Identitas diri telah diminta. Untuk itu, ia berharap bantuan dari pemerintah segera turun.

“Kemarin sempat dimintai KTP dan KK dari Dishub katanya untuk pendataan dapat bantuan pada tahun 2020 dan 2021, namun sampai sekarang belum cair,” imbuhnya.

Meski begitu, masyarakat tetap mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan covid 19. Namun, ia juga berharap pemerintah bisa memberikan solusi agar ekonomi masyarakat pulih kembali.

Hal serupa juga disampaikan, Iskandar salah satu ojek online di sekitar Stasiun Kereta Api Kebumen. Ia mengaku sejak adanya pandemi pendapatan menurun 50 persen, ditambah adanya kebijakan jalan satu arah di Kota Kebumen, ini sangat berdampak pada segi ekonomi. Pasalnya dengan jalur satu arah ia harus berputar mengantarkan penumpang dan menambah jumlah pengeluaran bensin. Menurutnya ini juga cukup merepotkan dan berharap bisa dikembalikan seperti sedia kala.

“Menurut saya kurang efektif apalagi kita bergerak di bidang transportasi ketika kita dapat orderan jalan nya jadi muter-muter sehingga lebih boros BBM,” ungkap Abang ojol. (K24/ILHAM).