Sebar Ujar Kebencian, Team Pemenangan Arif Rista Bakal Laporkan Akun Facebook”Cipto Mulyadi” ke Bawaslu.

oleh -771 views
Calon Bupati Kebumen H. Arif Sugianto SH

KEBUMEN, Kebumen24.com- Mendekati tanggal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen pada 9 Desember mendatang, situasi Poltik semakin memanas, mereka yang kontra dengan Calon Bupati dan Wakil Bupati H. Arif Sugianto dan Hj. Ristawati Purwaningsih terus menyebarkan kalimat menyudutkan yang sifatnya tendensius dan profokatif melalui media sosial.

 

Narasi-narasi kebencian terus diciptakan dan disebar, hal ini yang memicu tim pemenangan Arif-Rista geram. Tak tinggal diam, pihaknya kemudian melaporkan akun Facebook atas nama ‘Cipto Mulyadi’ ke Bawaslu Kebumen. Laporan itu sudah diserahkan oleh pihak Arif-Rista pada, Senin 26 Oktober 2020.

 

Tim relawan medsos Arif-Rista, Mukhamad Fadli mengatakan, berdasarkan pengamatannya, pemilik akun Facebook Cipto Mulyadi ini seolah-olah terkesan mendukung pasangan Arif-Rista dengan memuat gambar-gambar paslon. Namun narasi yang disampaikan isinya justru merugikan Arif-Rista, lebih banyak hoax, provokatif dan tendensius.

 

“Jadi pemilik akun ini bahasanya seolah-olah tim Arif-Rista. Tapi di sisi lain ada juga bahasa yang sifatnya provokatif dan tendensius. Lalu kemudian kita kaji dengan tim kuasa hukum, akhirnya kita sepakat untuk melaporkan ke Bawaslu,” ujar Fadli saat dikonfirmasi, Rabu (28/10/2020).

 

Fadli mengungkapkan, sebenarnya ada beberapa akun yang sudah dilaporkan ke Bawaslu. Tapi dari sekian akun, yang paling menonjol adalah Cipto Mulyadi. Pihaknya masih mengkaji lagi postingan yang disampaikan pemilik akun Cipto Mulyadi, apakah ada pernyatan yang mengandung ujaran kebencian, karena tidak menutup kemungkinan akan dilaporkan ke kepolisian.

 

” Tidak menutup kemungkin akan dilaporkan ke pihak yang berwajib. Kita terus mengkaji,” ucapnya.

 

Juru Bicara Tim Pemenangan Arif-Rista, Gito Prasetyo yang juga anggota DPRD Kebumen dari Fraksi PAN ini menambahkan, bahwa berdasarkan laporan masyarakat, mereka ini resah dengan narasi yang disampaikan pemilik akun Cipto Mulyadi.

 

“Seolah mendukung, tapi isinya menyudutkan, ini yang kemudian kita sepakat untuk melaporkan ke Bawaslu,” ucapnya.

 

Hal yang sama juga disampaikan Kuasa Hukum Tim Pemenangan Arif-Rista, Nur Rahmat. Ia mengatakan pihaknya masih menunggu tanggapan dari Bawaslu atas laporan pemilik akun Cipto Mulyadi. Ia menilai postingan yang disampaikan Cipto Mulayadi ini memang jauh dari fakta, isinya banyak hoax, menghasut, penuh ujaran kebencian.

 

Sementara itu, ditemui disela-sela kampanye di Kecamatan Buluspesantren, Arif turut menyayangkan adanya akun-akun anonim atau akun siluman yang kerjanya hanya menyebar hoax, dan ujaran kebencian. Ia menegaskan, Kebumen akan maju dengan pertukaran ide dan gagasan, bukan dengan hoax dan ujaran kebencian.

 

Arif menghargai setiap perbedaaan pendapat dalam politik, terlebih dalam moment Pilkada ini. Semua orang bebas berbicara menyuarakan pendapat. Namun, menurutnya, yang dibutuhkan Kebumen saat ini adalah ide dan gagasan, bagaimana bisa menciptakan program untuk kesejahteraan masyarakat Kebumen, bukan malah dengan menyebar hoax.

 

“Untuk pembangunan Kebumen seyogyanya kita semua harus mengedepankan dialog. Bertukar ide dan gagasan menyampaikan visi misi, apa yang kurang dan apa yang perlu diperbaiki, kita komunikasikan bersama. Bukan malah menyebar hoax atau ujaran kebencian,” tuturnya.

 

“Kami tahu, ada beberapa orang yang sengaja menyebarkan hoax dan ujaran kebencian, satu orang punya lebih dari empat akun, kami tahu. Tapi Insya Allah, kami bisa menjaga kondisifitas, semua akan berjalan dengan baik. Kami hanya berpesan, jangan lakukan itu lagi, tidak baik untuk masyarakat,” tandasnya. (K-24/IMAM)