Sambut HUT RI ke 77, PS Ebod Jaya Gelar Pertandingan Festival Kemerdekaan

oleh -

BULUSPESANTREN, Kebumen24.com,- Dalam rangka menyambut HUT RI ke 77. Persatuan Sepakbola (PS) Ebod Jaya menggelar Pertandingan Festival Kemerdekaan. Menariknya, Pertandingan diikuti 37 team sepak bola dari kalangan siswa SD dan MI atau sekitar 450 anak usia 8-12 tahun.

Pertandingan sendiri digelar di Homebase PS Ebod Jaya Lapangan Stanadawa Desa Brecong Buluspesantren Kabupaten Kebumen Kamis, 4 Agustus 2022. Kegiatan ini sekaligus untuk menjaring bibit bibit atlet muda di Kebumen.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Kemerdekaan PS Ebod Jaya, Anjar Prasetya menuturkan, pertandingan ini digelar atas kerjasama dengan Kecamatan dan juga Korwil Disdik Buluspesantren. Pertandingan menggunakan sistem gugur dengan durasi permainan 2 kali 10 menit di babak penyisihan. Termasuk 2 kali 15 menit di babak semifinal.

‘’Pertandingan sendiri mengadopsi sistem mini soccer, dan luas Lapangan disesuaikan, mengingat usia pemain antara 8-12 tahun.

Sedangkan untuk pelaksanaan pertandingan, rencananya berlangsung selama 3 hari. Yakni Kamis, Jumat dan pertandingan final diselengarakan pada hari minggu, 7 Agustus 2022.

Dari pertandingan ini, nantinya pemain bola yang terpilih akan disiapkan di masing masing kelompok usia. Setelah itu dibina dan dilatih di Akademi Ebod Jaya, agar mereka menjadi pemain bola profesional.

‘’ Diajang ini, kami juga menyiapkan hadiah piala serta Piagam penghargaan dari Kecamatan untuk para pemain.’’imbuhnya.

Anjar berharap dengan pertandingan ini, dapat merangsang minat dan bakat generasi bangsa terhadap sepakbola sedini mungkin. Dengan begitu, stock pemain sepakbola melimpah dan bisa berkelanjutan.

‘’ Kita ada SSB Nanjung dan nanti kita arahkan ke Akademi dan nanti kita arahkan ke PS Ebod Jaya jadi berjenjang dari usia 8 sampai 10 tahun terus dari usia 13 sampai 17 tahun,” ujarnya.

Rohodan selaku pelatih dari SDN 1 Bocor menyampaikan, pihaknya menyambut baik dengan adanya pertandingan Festival Kemerdekaan ini. Pertandingan diharapkan dapat memantik semangat para siswa, khususnya dalam menggali potensi permainan sepakbola di Kebumen.

“Sebagian anak anak ini sudah ada yang masuk Akademi Ebod Jaya, harapannya nanti pemain mungkin ada pemain yang turut terjaring di Academy Ebod Jaya ini dalam kompetisi ini,”katanya.

Sementara itu, salah seorang pemain, Reihan Pandu Mauluda (11) mengaku senang mengikuti kompetisi yang diselengarakan oleh Ebod Jaya. Terlebih sepakbola merupakan olahraga yang ia cintai sejak kecil.

‘’ Saya bercita cita untuk menjadi pemain sepakbola profesional. Untuk itu ia berharap bisa terjaring di Akademi Ebod Jaya.’’ujarnya.(k24/arta/imam).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24