Rumahnya Terendam Banjir, Puluhan Warga Puring Mengungsi

oleh -639 views
FOTO KONDISI WARGA SEDANG MENGUNGSI DI PURING

PURING, Kebumen24.com – Musibah banjir akibat jebolnya tanggul sungai juga dialami warga di 2 desa Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen. Jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan rumah warga terendam banjir dan terpasksa harus mengungsi.

 

Kedua desa yang terendam banjir akibat jebolnya tanggul di Sungai Telomoyo pada senin 26 Oktober 2020 tersebut yaitu Desa Madureja dan desa Sidobunder. Tak hanya rumah warga, fasilitas publik seperti sekolah dan masjid pun ikut terendam banjir.

 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kebumen, Salam mengatakan adanya hujan sejak Minggu malam membuat tanggul jebol. Luapan air sungai tersebut kemudian membanjiri perumahan warga yang berada di Desa Madurejo dan Desa Sidobunder, sebanyak 117 warga pun terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman.

 

“Tanggul Jebol di Sungai Telomoyo Desa Madureja ini berdampak ke desa Madureja dan Sidobunder, warga pun telah diungsikan ke SD N 1 Madureja dan Masjid terdekat”, Kata Salam.

 

Lebih lanjut dirinya mengatakan selain di Desa Madureja, peristiwa jebolnya tanggul juga terjadi di Kelurahan Jatiluhur dan Kedungbener Kecamatan Alian. Dan yang terparah yaitu di desa Madurej dimana jebolnya tanggul mencapai 50 meter.

 

“Ada 3 tanggul yang jebol, dan yang di Madureja ini cukup parah yaitu hingga 50 meter”, ungkapnya

 

Dirinya pun mengatakan untuk sementara warga diminta bergotong royong menambal dengan bambu hingga alat berat nanti bisa diterjunkan, mengingat akses menuju lokasi yang cukup sulit . Dirinya juga menghimbau kepada warga untuk berhati-hati dan waspada dengan adanya banjir susulan.(K24/ARTA).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan