RSPM Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

oleh -625 views
K24

KEBUMEN, Kebumen24.com – Sejumlah fasilitas kesehatan tengah mempersiapkan diri untuk melaksanakan vaksinasi covid-19. Guna mematangkan persiapan, bakal dilakukan simulasi vaksinasi pada sejumlah sejumlah faskes di Kebumen. Dalam hal tersebut, faskes juga mempersiapkan ruangan khusus bagi penerima yang bergejala pasca vaksin.

 

Direktur Rumah Sakit Permata Medika (RSPM) Kebumen Nita Ariani Safitri, mengungkapkan vaksinasi akan terbagi menjadi empat tahap. Meja pertama adalah pendaftaran ataupun verifikasi, meja kedua screening untuk mencatat identitas dan keluhan komorbid, meja ketiga pelaksanaan vaksinasi serta meja terakhir pencetakan kartu dan observasi kejadian ikutan setelah vaksinasi.

 

“Jika ada gejala setelah divaksin, telah disiapkan ruangan khusus dengan kamar tidur, tabung oksigen dan lainnya,” katanya disela-sela rapat persiapan vaksinasi, Selasa 12 Januari 2021.

 

Direktur Rumah Sakit Permata Medika (RSPM) Kebumen Nita Ariani Safitri

Nita menjelaskan, bahwa vaksinasi nanti mendapat pengamanan dan pengawalan kepolisian, TNI dan Satpol PP. Mulai dari pengambilan vaksin dari gudang farmasi, proses pelaksanaan hingga validasi penerima vaksin. Ruangan vaksinasi pun dibuat terpisah dengan pasien umum sehingga dapat mudah dijangkau masyarakat.

 

“Jadi semuanya tersentral jadi masyarakat tidak perlu masuk ruangan rumah sakit,” imbuhnya.

 

PLT Camat Kebumen Sugito Edi Prayitno, menjelaskan rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan faskes melakukan vaksinasi. Apalagi, Kebumen terdapat lima titik faskes yang akan menjalankan simulasi yaitu RS dr Soedirman, RSPM, Puskesmas Kebumen 1,2 dan 3. Dirinya juga mengharapkan, peran masyarakat dalam mensukseskan vaksinasi ini.

 

“Bagi yang menerima pemberitahuan dari pemerintah melalui SMS, maka segera mendaftar dan mengikuti vaksinasi dengan baik,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Kapolsek Kebumen AKP Tarjono Sapto Nugroho mengatakan siap memberikan pengawalan dan sekaligus pengamanan proses vaksinasi dari awal hingga akhir. Dalam hal ini Polsek Kebumen telah menyiapkan 15 Personel untuk ditugaskan di 5 tempat pelaksanaan Vaksinasi di wilayah Kecamatan Kebumen.

 

‘’ Pada dasarnya Kami dari Kepolisian siap mengawal dan melakukan pengamanan dari proses awal hingga selesai. Termasuk untuk pelaksanaan simulasi vaksinasi kami siap,’’tegasnya.

 

Disisi lain Kapolsek juga menegasakan jika ada masyarakat yang menolak untuk divaksin Pihaknya juga siap melakukan pembinaan dan penyuluhan agar masyarakat mau mengikutinya.(K24/THR).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan