KEBUMEN, Kebumen24.com – Detengah Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sejumlah upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam rangka menekan angka kasus penularan covid 19. Termasuk memikirkan kondisi ekonomi masyarakatnya. Salah satunya dengan cara gencar menyalurkan Bantuan Sosial hingga ke pelosok desa.

Seperti yang dilakukan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Rabu 21 Juli 2021 kemarin. Bersama para OPD nya, ia melakukan sambang ke Desa desa yang berada di Kecamatan Karangsambung dan Alian, sembari memberikan bantuan.

Bantuan berupa beras seberat 10 Kg tersebut, pertama diberikan kepada warga di Desa Plumbon yang tengah duduk-duduk di pos ronda. Selain itu bantuan juga diberikan dengan cara menghampiri rumah-rumah warga.

Di Desa Wadasmalang bantuan diberikan kepada buruh kayu yang sedang duduk-duduk bersama rekannya di pinggir hutan pinus dan sampai ke Pondok Pesantren. Selanjutnya bantuan beras juga diberikan kepada masyarakat di Desa Pujotirto dan warga Desa Krakal Kecamatan Alian.

Di sela sela kegiatannya Bupati mengungkapkan dampak PPKM darurat atau level 4 ini dirasa memang cukup berat, untuk itu ia harus mengecek sendiri secara langsung kondisi masyarakat di lapangan. Menurutnya, Banyak sekali masyarakat yang memang perlu dibantu untuk meringankan beban mereka.

Lebih jauh Bupati mengatakan bahwa dalam masa PPKM ini, pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial berupa uang tunai Rp750 rb kepada 3000 pedagang kaki lima, kemudian Rp500 rb kepada para sopir angkot, kernet tukang cukur, juru parkir. Bahkan kemarin 1.088 ton beras dibagikan Bupati dari Bulog ke masyarakat.

“Bantuan akan terus kita berikan kepada masyarakat. Sesuai instruksi Mendagri, daerah tak perlu menunggu pusat dalam pemberian bantuan. Bantuan lain juga akan kita berikan kepada masyarakat melalui PT Pos Indonesia sebesar Rp 600 ribu. Jadi PPKM ini jangan sampai membuat masyarakat tambah susah. Tapi pemerintah harus benar-benar hadir,”ujar orang nomor 1 di Kebumen itu.

Perlu diketahui, sebelumnya pemkab Kebumen juga menyalurkan bantuan berupa beras sebanyak 1088 ton yang diambil dari Bulog. Bantuan diberikan langsung secara simbolis oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat atau KPM di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa 20 Juli 2021.

Dari 1088 ton itu, rincianya diberikan untuk 66.545 KPM, dan para Penerima Bantuan Sosial Tunai atau BST sebanyak 42.262 orang. Masing-masing orang mendapatkan 10 Kg beras. Untuk memastikan bahwa bantuan ini tepat sasaran, pemkab mengacu pada DTKS yang ada di desa. Data ini yang kemudian diserahkan ke Dinas Sosial, lalu dibagikan kepada masyarakat.(K24/*)

By Redaksi

Redaksi Kebumen24