Ribuan Siswa TK TK, RA, KB Muslimat NU Se- Kebumen Dilatih Manasik Haji.

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Sebanyak 2200 Siswa TK, RA, KB Muslimat NU Se- Kebumen, mengikutI Kegiatan Gebyar Manasik Haji di Alun-alun Kebumen, Sabtu 26 Oktober 2019. Dengan didampingi para Guru dan Orang Tua mereka, para peserta begitu antusias mengikuti acara tersebut.

Dalam kegiatan ini alun-alun pun disulap panitia layaknya tempat Suci seperti Miniatur Ka’bah hingga tempat lempar Jumroh. Semua anak-anak laki-laki tidak satupun terlihat memakai baju. Mereka hanya memakai sehelai kain putih yang dililitkan pada badan dan bahu saja. Begitu pula anak perempuan seluruhnya memakai pakaian putih dan kerudung yang juga berwarna putih.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Disdik Kebumen Amirudin yang sekaligus membuka kegiatan Manasik. Selain itu, kegiatan juga dihadiri  ketua yayasan pendidikan Muslimat NU kebumen Nasiroh, perwakilan Kemenag Kebumen, serta tamu undangan lainya.
Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan  kebumen Amirudin, dalam sambutan tertulis Bupati Kebumen menyampaikan harapnya, melalui kegiatan dapat menjadi media sarana pembelajaran penting kepada anak anak usia dini, agar menjadi bekal untuk  pemahaman Ketaqwaan  kelak dewasa nanti.
‘ Saya mengapresiasi kegiatan ini, kegiatan  merupakan cara yang baik dalam mencerdaskan Anak Bangsa” Ungkap Bupati melalui sambutan tertulis yang dibacakan Amirudin.
Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Muslimat NU Kebumen Hj. Nasiroh mengatakan, Gebyar Manasik Haji yang bertajuk ”Mencerdaskan Anak Bangsa Yang Beriman Dan Bertaqwa” dilaksanakan untuk memberikan pembelajaran terhadap anak usia dini tentang tata cara melaksanakan kegiatan ibadah haji yang benar.
Dalam kegiatan ini para peserta manasik dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah sekolah yang ikut kegiatan tersebut. Setiap kelompok dipanggil untuk melakukan Tawaf dengan cara mengelilingi Kabah, lempar jumroh dan lain sebagainya.
“ Kegiatan ini biasanya dilaksanakan dua tahun sekali, namun kali ini setahun sekali karna jumlah pesertanya semakin banyak” Kata Nasiroh.
Nasiroh juga menambahkan, bahwa kegiatan ini dilakukan  juga sebagai  Syiar Islam dalam mengembangkan Rukun Islam.
“ Melalui kegiatan ini di harapkan, dapat menjadi pendidikan karakter yang efektif mulai dari kecil, sehingga bisa menjadi pondasi saat menuju Dewasa nanti” Pungkas Nasiroh (THR)

0 thoughts on “Ribuan Siswa TK TK, RA, KB Muslimat NU Se- Kebumen Dilatih Manasik Haji.