Resmi, KPU Kebumen Tetapkan Pilkada 2020 Hanya Satu Paslon

oleh -262 views
FOTO PENYERAHAN SURAT PENETAPAN PASLON PILKADA

KEBUMEN, Kebumen24.com – KPU Kabupaten Kebumen secara resmi menetapkan satu paslon yang akan menjadi peserta dalam Pilkada pada 9 Desember 2020. Meski sempat ada perpanjangan waktu pendaftaran, namun hingga akhir masa perpanjangan tetap hanya ada satu paslon yang mendaftar maju Pilkada Kebumen yakni Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih.

 

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Ketua KPU Kebumen Yulianto usai kegiatan rapat pleno penetapan di kantor KPU  Jalan Arungbinang, Kebumen, Rabu 23 September 2020.

 

Yulianto menjelaskan sesuai regulasi yang mengatur setelah masa perpanjangan pendaftaran Pilbup Kebumen, maka penetapan dilaksanakan melalui rapat pleno KPU secara tertutup. Selanjutnya KPU Kebumen melanjutkan tahapan sesuai amanat PKPU No 13 tahun 2018 tentang Pilkada dengan satu paslon. Sedangkan untuk kegiatan kampanye KPU akan mengikuti ketentuan PKPU nomor 4 tahun 2020.

 

“Karena hanya ada satu paslon kami mengikuti regulasi yang tertuan dalam PKPU No 13 tahun 2018, sedangakan untuk kegiatan mengikuti ketentuan PKPU nomor 4 tahun 2020 dengan sedikit penyesuaian terkait madanya pandemi Covid-19,’’ucapnya.

 

Sementara itu Komisioner KPU Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat Agus Hasan Hidayat menyampaikan, penyelenggaraan Pemilukada di masa pandemi Covid-19, telah diatur melalui PKPU Nomor 6 tahun 2020 yang kemudian diubah melalui PKPU Nomor 10 tahun 2020. Seperti dalam Pasal 58 PKPU No. 10 tahun 2020, kampanye jenis pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka hanya boleh dihadiri maksimal 50 orang peserta. Jaga jarak juga harus diterapkan minimal 1 meter antar peserta.

 

“Untuk kampanye kampanye jenis pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka hanya boleh dihadiri maksimal 50 orang peserta. Jaga jarak juga harus diterapkan minimal 1 meter antar peserta”, tuturnya.

 

Seperti diketahui, Arif Sugiyanto sendiri saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen, sedangkan Ristawati Purwaningsih merupakan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPC PDIP Kebumen. Pasangan tersebut diusung oleh sembilan parpol dengan total 50 kursi.

 

Sembilan parpol tersebut antara lain PDIP dengan 12 kursi, disusul PKB (9 kursi), Gerindra (7 kursi), Partai Golkar (6 kursi), PPP (4 kursi), Nasdem (4 kursi), PAN (3 kursi), Demokrat (3 kursi) dan PKS (2 kursi).(K24/ARTA).

 

Tinggalkan Balasan