Renyahnya Lanting Oven Buatan Warga Klapasawit

oleh -

BULUSPESANTREN, Kebumen24.com – Bagi masyarakat pada umumnya, pasti sudah tidak asing dengan makanan jenis lanting yang terbuat dari bahan singkong. Namun, berbeda halnya dengan lanting yang satu ini. Lanting ini dibuat dengan proses oven sebelum di pasarkan.

Lanting Oven ini diproduksi warga Desa Klapasawit, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen. Untuk rasanya dijamin renyah dan lebih gurih.

Owner Lanting Oven Budi Nurhayati mengatakan sudah sekitar satu setengah tahun menekuni usahanya tersebut. Untuk idenya bukanlah dirinya sendiri, melainkan orang lain.

‘’ Terus terang ini bukan asli produk inovasi saya tapi sudah menjadi hak milik saya sejak 16 bulan yang lalu.”kata Nurhayati yang merupakan pensiun PNS itu. Jumat 5 Agustus 2022.

Adapun proses pembuatan lanting oven ini hampir sama dengan lanting pada umumnya. Hanya saja setelah digoreng ada proses spinnet dan oven. Ini untuk mengurangi kadar minyak dan membuat lanting lebih renyah serta lebih tahan lama.

“Karena lanting tidak mungkin mengembang kalau tidak di goreng dulu, jadi lanting oven ini bukan seratus 100 persen tanpa minyak jadi tetep ada minyak cuma setelah digoreng minyaknya dihilang/dikurangi namanya dispinner ini sudah mulai hilang minyaknya. Setelah itu baru di oven dengan waktu tertentu tergantung kandungan minyak dan air pada lanting.” imbuhnya.

Lebih jauh ia menjelaskan lanting oven mempunyai beberapa kelebihan dibanding dengan lanting pada umumnya. Diantara lebih sehat karena kandungan minyak lebih sedikit dan lebih tahan lama.

Lanting oven ini mempunyai 10 varian rasa dengan harga dari produsen Rp.13.000 hingga Rp.13.500. Namun, yang paling banyak diminati adalah bawang original. Untuk pemasaran lanting oven inu sudah merambah ke kota-kota besar seperti Jogja, Solo hingga Jakarta.

“Untuk saat ini dalam sebulan mampu memproduksi rata-rata 2000 bungkus mas. Untuk pemasaran di Kebumen sendiri banyak di toko-tokokemudian ke luar kota seperti Semarang, Jogja, Magelang,  Pacitan, Solo dan Jakarta.” katanya. (K24/Ilham).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24