Raih Juara Festival Desa Wisata se-Jawa tengah, Desa Adiluhur Akan Jadi Sentra Produk Olahan Bunga Telang

oleh -
FOTO KEGIATAN PKK ADIMULYO

ADIMULYO, Kebumen24.com- Dalam rangka menyambut acara Festival Desa Wisata yang rencananya akan digelar di Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo pada tahun 2021 mendatang. PKK Kecamatan Adimulyo menggelar kegiatan inovasi membuat beragam produk makanan dan minuman berbahan baku Bunga Telang.

 

Dalam kegiatan yang digelar Senin 15 Juni 2020 di Taman Reptil Desa Adiluhur tersebut, acara di awali dengan senam bersama dan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur.

 

Ketua PKK Kecamatan Adimulyo Retno Ariyantie mengatakan, dipilihnya Desa Adiluhur menjadi tuan rumah dalam kegiatan Festival tersebut, lantaran telah berhasil meraih juara festival Desa wisata se-Jawa tengah dalam Kategori produk unggulan makanan dan minnuman terbaik. Menurutnya, kesuksesan tersebut tentu tak terlepas dari kerjasama ibu ibu PKK dari 2 desa yaitu Meles dan Adiluhur.

 

Untuk itu, guna menyamakan misi kedua desa tersebut, Ketua PKK Kecamatan Adimulyo sengaja mengajak para anggotanya untuk terus melakukan inovasi baru dengan membuat beragam minuman dan makanan berbahan baku Bunga Telang. Dengan harapan kedepan bisa menjadi sentra produksi olahan bunga tersebut.

 

‘’ Dikumpulkan ibu ibu PKK hari ini agar mereka kembali pada rutinitasnya untuk mewujudkan kampung wisata telang,” ucap Retno.

 

FOTO KEGIATAN IBU IBU PKK ADIMULYO

Semntara itu salah satu penggagas olahan bunga telang Azizah Naeni mengatakan, bunga telang dapat dimanfaatkan untuk membuat minuman sirup dan minuman squas, dan milkshake. Selaain itu bunga telang juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Dirinya berharap dengan bertambahnya produk dari olahan bunga tersebut sehingga akan memberikan manfaat bagi warga masyarakat agar semakin gemar menananm bunga telang di lahan lahan yang tidak terpakai.

 

“ Semoga dengan banyaknya produk bunga telang, perokonomian masyarakata juga akan meningkat,’’ujar Azizah.(K-24/IMAM)