KARANGGAYAM, Kebumen24.com – Tim Asessor Disporawisata Kebumen melakukan penilaian terhadap Taman Balai Malang di Desa Karangrejo Karangayam. Penilaian ini dilaksanakan guna mewujudkan obyek wisata desa sebagai pemulihan perekonomian masyarakat di masa Pandemi Covid-19.

 

Penilaian dilakukan Sabtu 13 Februari 2021 di desa setempat oleh tim asessor Disporawisata Kebumen. Adapun proses penilaian tersebut dilaksanakan guna mendapatkan Surat Keputusan (SK) Bupati Kebumen dimana, Desa Karangrejo menjadi Desa Wisata.

 

Dijelaskan Kepala Desa Karangrejo Ahmad Bahrun bahwa dirintisnya desa wisata ini agar ekonomi di masa Pandemi Covid-19 dapat segera pulih. Untuk itu pihaknya sedang berupaya mendapatkan SK Bupati serta mencari dukungan dari berbagai istansi terkait guna memajukan desanya.

 

“Kami kini tengah berupaya mendapatkan SK Bupati. Kami juga memohon dukungan dari para instansi guna memajukan Desa Karangrejo,” tuturnya, Selasa 16 Februari 2021.

 

K24

Camat Karanggayam Drajat Triwibowo menyempaikan penilaian tersebut sebetulnya dilaksanakan guna melihat layak atau tidaknya Taman Balai Malang di Desa Karangrejo menjadi desa wisata.  Jika dari hasil penilaian menyatakan layak, selanjutkan akan diberikan SK Bupati. SK tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam mewujudkan Desa Karangerjo sebagai Desa Wisata.

 

“Semoga mendapatkan penilaian terbaik,” katanya.

 

Sementara itu sementara itu Kasi Pengembangan Sumberdaya Wisata Disporawisata Kebumen Gunarso menyampaikan permohonan pencanangan Desa Wisata tersebut harus memenuhi 12 kriteria. Selain itu juga fasilitas umum, unsur budaya, kerajinan dan event atau tradisi lokal desa dapat menjadi nilai plus dalam penilaian tersebut.

 

‘’ Selain itu wisata juga terkait erat dengan Sapta Pesona wisata. Dimana Sapta Pesona sendiri merupakan tujuh unsur yang musti terpenuhi. Hal ini agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah atau wilayah wisata tersebut,’’ujarnya.

 

Adapaun Sapta Pesona Wisata sendiri terdiri dari keamanan, kebersihan, ketertiban, kesejukan, keindahan, keramahtamahan dan memberikan kenangan yang mengesankan. Keamanan menjadi faktor penting agar pengunjung merasa nyaman saat berada ditempat wisata. (K24/Imam)

By Redaksi

Redaksi Kebumen24