Program Buluspesantren Mengaji Resmi Dilaunching Oleh Bupati

oleh -

BULUSPESANTREN, Kebumen24.com,- Program Buluspesantren Mengaji yang dinisiasi oleh Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Buluspesantren secara resmi dilaunching oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Program ini diluncurkan untuk membentuk keshalehan pribadi dan sosial menuju kebumen SEMARAK atau sejahtera, mandiri, berahklak bersama rakyat.

Launching ditandai dengan dengan penandatanganan nota kesepahaman di Aula Kecamatan Buluspesantren SenIn, 5 April 2021. Turut hadir Rois Syuriah MWC NU Buluspesantren KH Saefudin, Kepala Bagian TU Kemenag Kebumen Khamid, Kepala KUA Buluspesantren Sodiyat, Kepala SMK Maarif 1 Kebumen Subkhan,  Forkopimcam dan Kepala Desa Se-Kecamatan Buluspesantren.

Dalam sambutanya Bupati menyambut baik program tersebut. Disisi lain Bupati juga memandang program ini sebuah terobosan baru untuk menyemangatkan kembali kegiatan mengaji. Apalagi menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan.

‘’ Harapan saya, program ini dapat terus berjalan. Konsisten, istiqomah, karena memang itu yang berat. Bagaimanapun, kita harus memulai dan terus berupaya. Insya Allah pertolongan Allah sangat dekat,’’ujar Bupati.

Sejatinya menurut Bupati, mengaji sudah menjadi bagian dari budaya umat islam sejak dulu. Bahkan orang tua setiap usai maghrib pasti mengaji. Namun berbeda halnya sekarang, usai sholat maghrib, televisi justru menayangkan hiiburan yang menarik bagi anak dan juga orang tua.

‘’ Termasuk pula godaan handphone. Kita bisa berlama-lama bermain handphone, tapi belum tentu betah setengah jam membaca Al Qur’an. Betul Bapak Ibu? Karenanya, kebaikan perlu diawali dengan sebuah gerakan bersama,’’imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, kebutuhkan sekarang ini sebenarnya adalah lebih dari sebuah program, melainkan keteladanan.  Sehingga ini akan menjadi sebuah gerakan bersama yang terus membesar. Untuk itu sudah saatnya, para orang tua, tokoh agama, tokoh masyarakat, aparatur pemerintah dan tokoh lainnya, menguatkan jati dirinya sebagai tauladan yang senantiasa memberikan contah yang baik.

‘’ Ing ngarsa sung tuladha. Dakwah dengan keteladanan ini akan jauh lebih mengena dan efektif. Semoga dengan program ini, mengaji akan seasyik bermain handphone. Menyenangkan sekaligus menenangkan,’’tandas Bupati.

Diakhir sambutanya Bupati mengajak seluruh umat muslim untuk mengoptimalkan peransertanya dalam pembangunan. Hasil-hasil pembangunan yang sudah dicapai hendaknya disyukuri, dimanfaatkan dengan baik dan dirawat. Dengan begitu akan memberikan manfaat yang maksimal serta mampu membawa kemajuan bagi desa maupun daerah.

‘’ Apalagi, saat ini merupakan masa-masa awal saya bersama Ibu Rista  melaksanakan amanah untuk memimpin Kabupaten Kebumen. Menjalankan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,’’pungkas Bupati Arif.

Sementara itu, Camat Buluspesantren Budi Suwanto menambahkan, dari sepuluh layanan program Buluspesantren terdapat satu yang menarik, yakni Muda Sejahtera. Layanan program ini tidak hanya mengaji, namun juga pemberdayaan generasi muda agar memiliki jiwa wirausaha dan  telah terbentuk 33 kelompok di 21 desa. (K24/IMAM).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Jurnalis Kebumen

Tinggalkan Balasan