Produk Jenitri di Kebumen Bakal di Pasarkan ke 54 Negara

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com,- Untuk meningkatkan kualitas produk, agar lebih dikenal di Mancanegara. Pengrajin Jenitri Alam Rudaksa di Desa Kawedusan  Kebumen, mendapatkan program Pendampingan dari Designer Dispatch Service (DDS) Kementrian Perdagangan. Dengan program ini, kerajinan Jenitri nantinya akan diperkenalkan di 54 Negara Dunia.

Dalam kunjungannya team DDS yang beranggotakan 6 orang didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dinas Perindustrian Kebumen Sri Wahyuroh Selasa, 14 September 2021.Mereka langsung memberikan pelatihan desain produk yang diminati di pasar luar negri sehingga nantinya akan meningkatan pendapatan dari para pengrajin.

Di sela sela kunjungannya Sri wahyuroh mengatakan saat ini ada 9 pelaku usaha UMKM produk kerajinan di Kebumen yang mendapatkan pendampingan dari Team DDS Kementrian Perdagangan. Yang mana usai pendampingan tersebut, para pelaku usaha UMKM Kebumen, bisa turut bersaing di kancah internasional.

‘’ Produk UMKM dari Kebumen yang akan mendapatkan pendampingan diantaranya Batik Pegon, Batik, Tulis, Anyaman Pandan, Kerajinan Gerabah, Kerajinan Lidi, Kerajinan Pandai Besi, dan juga kerajinan Jenitri,’’ucapnya.

Sementara itu, Puji Tato, pemilik usaha Jenitri dengan nama Alam Rudaksa mengaku bangga karena produk Jenitri produksinya akan lebih dikenal di kancah internasional. Dirinya juga akan mengembangkan produknya agar lebih bervariatif dan unik, untuk menarik pembeli dari luar negri.

‘’Produksi kerajinan Jenitri kami sempat seperti mati suri karna wabah pandemi covid 19. Namun adanya pendampingan ini kami berharap pasar Jenitri bisa kembali normal.’’ujarnya.(K24/*)