Potong Gaji dan Perjalanan Dinas, Pegawai PDAM Rutin Berikan Bantuan Kepada Anak Yatim

oleh -
Foto : Bupati Kebumen berikan santunan kepada anak yatim di Panti Asuhan Assalam Istiqomah, Pejagoan, Jumat (15/5).

KEBUMEN, Kebumen24.com- Beragam cara dilakukan untuk mengasah kepedulian antar sesama. Seperti dilakukan jajaran PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen yang rela menyisihkan sebagian gaji dan perjalanan dinas untuk disalurkan kepada para anak yatim di wilayah Kebumen.

 

Direktur Utama PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen Zein Musta’in menyampaikan, perlakuan tersebut telah dimulai sejak 2015 silam. Melalui wadah PDAM Infaq Club, setiap tahun pihaknya  mengadakan penyaluran santunan kepada para anak yatim dan dhuafa dengan sumber dana berasal dari karyawan dan Koperasi Karyawan Tirta Bumi Sejahtera.

 

 “Potongan gaji pegawai setiap bulan minimal 2,5 persen dari total gaji, tapi ada juga yang memberikan lebih. Ada juga dari perjalanan dinas sekitar 10 persen, 5 persen untuk infaq dan 5 persen untuk keperluan lain,” jelasnya, saat pemberian santunan di Panti Asuhan Assalam Istiqomah (Asih), Jalan Kenanga No 182, Pejagoan, Jumat sore, 15 Mei 2020.

 

Zein menjelaskan, PDAM Infaq Club dibentuk bertujuan untuk memberikan manfaat sosial bagi masyarakat. Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan motto PDAM Infaq Club yakni ‘Hidup Mulia dan Bahagia, Berbagi Bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa’.

 

“Pada bulan April 2020, kita juga berpartisipasi dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 membatu obat-obatan, vitamin, masker atau kelengkapan ibadah di lingkungan internal PDAM,” ucapnya.

 

Foto : Bupati Kebumen berikan santunan kepada anak yatim di Panti Asuhan Assalam Istiqomah, Pejagoan, Jumat (15/5).

Memasuki Ramadhan diiringi masa pandemi Covid-19 saat ini, tidak sedikit masyarakat yang merasakan dampak, termasuk anak yatim dan dhuafa. Untuk itu, PDAM Kebumen hadir dengan menyiapkan santunan berupa 300 paket sembako dan uang tali asih.

 

 “Semoga santunan yang diberikan bermanfaat dan dapat meringankan beban anak-anak yatim dan kaun dhuafa dalam situasi sulit sekarang ini,” jelas Zein.

 

Bantuan disalurkan kepada para anak yatim dan dhuafa yang berada di beberapa panti asuhan, yaitu Panti Asuhan Assalam Istiqomah “Asih” YKM Pejagoan, Panti Asuhan Anak Yatim, Piatu, dan Dhuafa “Putra Mandiri” Pejagoan, Panti Asuhan YatimPutri Aisiyah Hj. Alfiatun Ihsan, dan Panti Sosial ABK “Putra Manunggal” Gombong.

 

Paket sembako juga diberikan kepada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kebumen, Kaum Dhuafa di pangkalan becak perempatan Watubarut Kebumen, serta beberapa warga di sekitar lingkungan sumber dan Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz hadir ditengah kegiatan. Dalam sambutannya, menurut dia doa yang dipanjatkan oleh anak yatim memiliki keistimewaan tersendiri. Maka ia meminta kepada anak yatim untuk terus berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir.

 

“Kondisi pemerintah pusat hingga daerah semua merasa perihatin, saya minta doa restu dari anak yatim yang doanya mujarab semoga Covid segera selesai,” terangnya. (K24/Hfd)