KEBUMEN, Kebumen24.com – Salah upaya pengendalian penyebaran COVID-19 adalah melalui Vaksinasi. Pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi jumlah kasus infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

Untuk meningkatkan animo masyarakat tentang pentingnya vaksinasi, perlu peran semua pihak dalam hal sosialisasi. Polres Kebumen sendiri memiliki cara unik agar masyarakat tak ragu mengikuti program vaksinasi dari pemerintah.  Yakni dengan menggelar “Road Show Vaksinasi COVID-19 Kabupaten Kebumen”.

Melalui road show tersebut, pemberian vaksinasi tidak lagi dilakukan pada Fasyankes atau Puskesmas tetapi jemput bola ke kantor desa sehingga lebih dekat dengan masyarakat.

“Kami berharap, target vaksinasi kepada masyarakat dapat tercapai sesui dengan yang telah direncanakan dari Dinas Kesehatan,” jelas AKBP Piter saat menggelar Road Show di Desa Kretek didampingi PJU Polres dan Kapolsek Rowokele AKP Diyono.

Terbukti cara ini lebih efektif, masyarakat yang semula malas vaksin dengan alasan jarak ataupun lainnya, pada kesempatan siang tadi banyak datang ke kantor Desa Kretek Kecamatan Rowokele.

Saat Kapolres Kebumen tiba di Kantor Desa Kretek sekitar pukul 11.00 WIB, dari target vaksinasi 228 warga masyarakat, kurang lebih 150 warga masyarakat telah memenuhi undangan vaksinasi.

Selanjutnya Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Kirbiantoro mengungkapkan, selain vaksinasi pihaknya juga gencar melakukan tracking dan tracing.

Menurutnya semakin banyak kegiatan deteksi secara dini dengan melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam tracking serta tracing akan semakin dini melakukan pencegahan penyebaran.

“Semakin banyak kita deteksi secara dini, kita temukan, kita isolasi, kita obati, itu salah satu strategi pencegahan penularan COVID-19,” jelas Kusbiyantoro.

Sementara itu, salah satu peserta vaksinasi Dewi Susianti warga Desa Kenteng Kecamatan Sempor ia tak keberatan mengikuti vaksinasi. Menurutnya selama mengikuti vaksinasi sampai ke tahap dua ini ia tidak mengalami gejala apapun pasca penyuntikan.

“Nggak ada keluhan apapun. Yakin vaksin ini menyehatkan,” katanya.(K24/*)

By Redaksi

Redaksi Kebumen24