PMI Kebumen Siap Layani Pendonor Plasma Konvalesen

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Tingkat Partisipasi para pendonor plasma Konvalesen untuk penyembuhan pasien covid 19 di Kebumen dinilai cukup tinggi. Bahkan dalam sehari, tak kurang dari 10 hingga 15 orang yang mendaftarkan diri di PMI Kebumen.

Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat PMI Kebumen dr. Yuanita Citra Safitri menjelaskan, terapi Plasma Konvalesen sendiri diketahui bisa membantu penyembuhan pasien Covid 19, bagi pasien yang kondisinya parah. Untuk itu, permintaan terhadap darah plasma Konvalesen sendiri juga cukup tinggi. Termasuk para penyintas Covid 19 di Kebumen yang mendaftarkan diri untuk donor juga cukup banyak

Namun, untuk kebumen sendiri belum ada tempat untuk penyimpanan Darah Plasma Konvalesen, dikarenakan umurnya yang singkat hanya 1×24 jam dan harus segera ditranfusikan ke pasien. Belum lagi untuk skrining pendonor plasma ini jauh lebih rumit dari donor darah biasa, sehingga wajar jika tak sedikit para pendonor yang gagal di skrining awal.

” Mencari pendonor plasma, jujur saja masih sangat kesulitan, karena banyak juga pendonor tapi skrining plasma itu lebih rumit, tidak seperti donor biasa jadi ya banyak juga yang gagal di skrining awal,” Ucapnya. Selasa, 27 Juli 2021

Adapun persyaratan untuk pendonor plasma yaitu mulai dari usia yaitu 18 hingga 60 tahun, berat badan minimal 55 kilogram, dan diutamakan laki laki.Untuk perempuan sendiri diutamakan yang belum pernah hamil dan tidak memiliki penyakit penyerta. Selanjutnya bago penyintas Covid 19 baru diperbolehkan donor setelah 10 hari sembuh dan untuk hasil yang optimal maksimal 3 bulan.

‘’ Selain itu juga, nantinya akan dicek HB sama seperti pendonor biasanya yakni 12,5 sampai 17 dan tensi darah 150/90 sampai 100/70.’’imbuhnya.

Yuanita mengatakan, PMI Kebumen telah membuka grup WA bagi para penyintas Covid 19 yang ingin berpartisipasi mendonorkan diri untuk penanganan kesembuhan pasien covid. Kepada para penyintas Covid 19 yang telah sembuh diimbau untuk mendonorkan darah plasma Konvalesen di PMI Kebumen.(K24/IMAM).