Peringati Hari Pangan Sedunia, Distapang Kebumen Gelar Pasar Mitra Tani

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia Ke-41 Pemerintah Kabupaten Kebumen menggeelar Pasar Mitra Tani Dan Gazibu (Gelar Hasil Bumi). Dalam kegiatan tersebut menampilkan produk unggulan pertanian dari 26 Kecamatan se Kabupaten Kebumen.

Acara berlangsung di Gudang Cadangan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen, Jl. Tentara Pelajar Kebumen pada Kamis, 21 Oktober 2021. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono S.H,  Kepala Dina Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Ir. H. Triharyono, Pimpinan BUMD serta sejumlah pihak terkait.

Dalam sambutannya Sekda Kebumen menyampaikan Peringatan Hari Pangan Sedunia ini memiliki makna penting yaitu perwujudan Ketahanan Pangan di Kabupaten Kebumen. Untuk itu Pemerintah telah melaksanakan berbagai program agar ketahanan pangan di Kabupaten terus meningkat dan stabil.

Lebih jauh Ujang menjelaskan beberapa hambatan yang sering ditemui dalam ketahanan pangan diantaranya adalah rantai distribusi pangan pokok yang tidak efisien. Termasuk waktu panen yang bervariasi serta sarana dan prasarana transportasi yang kurang mendukung dalam kelancaran distribusi pangan.

‘’ Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kebumen membuat suatu terobosan melalui Pasar Mitra Tani dan Gelar Hasil Bumi,’’ujarnya.

Melaui kegiatan ini Ujang berharap dapat mengenalkan komoditas pertanian yang ada di Kebumen. Ini juga sekaligus untuk mendekatkan produsen dengan konsumen.

‘’ Termasuk dengan memaksimalkan peran penyuluh pertanian dalam membantu memasarkan produk petani.”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen Ir. H. Triharyono mengatakan saat ini stok pangan di Kebumen seperti beras masih aman. Dimana dalam setiap tahun selalu surplus antara 100 sampai 150 ribu ton beras. Kendati begitu dalam hal pemasaran masih perlu ditingkatkan.

“Untuk dengan kegiatan ini masyarakat menjadi tahu bahwa ada berbagai komoditas pertanian yang dihasilkan dari tiap-tiap kecamatan. Saya berharap kegitan seperti ini bisa terus dilaksanakan minimal satu tahun dua kali,”ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah lomba-lomba Bidang Ketahanan Pangan yang diikuti oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se Kabupaten Kebumen dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kebumen.(K24/ILHAM).