Peringatan Nuzuzul Qur’an, Bupati Kebumen Ajak Mayarakat Kuatkan Ukhuwah Islamiyah

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H / 2021 M. Melalui momentum ini, diharapkan dapat meneguhkan kesatuan dan persatuan serta saling peduli.

Acara berlangsung penuh khidmat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis 29 April 2021. Hadir Sekda Kebumen. Ahmad Ujang Sugiono beserta OPD, Forkopimda, Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar, serta para ulama Kebumen.

Dalam sambutanya Bupati menyampaikan Al-Qur’an diturunkan sebagai kitab suci terakhir, sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia, Al-Qur’an telah menjelaskan secara rinci segala yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan hidup manusia dari masa ke masa.

‘’ Al-Qur’an juga memuat berbagai tema yang mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, seperti pola hubungan manusia dengan Tuhan,hubungan antar sesama manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan alam sekitarnya’’ujar Bupati.

Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya umat muslim untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman seluruh umat manusia dan dapat digunakan sebagai kurikulum seluruh kehidupan yang mampu menjangkau masa silam dan masa depan.

Disisi lain, melalui momentum ini Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Kebumen untuk menjadikan momen ini sebagai bentuk syiar Islam dalam upaya mempererat silaturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah. Termasuk meningkatkan iman dan taqwa, memupuk rasa kepedulian sosial, sehingga mendukung terciptanya kerukunan hidup umat beragama.

Dikakhir sambutanya Bupati menjelaskan, bahwa saat ini bangsa masih dihadapkan pada ujian wabah Covid-19. Kebersamaan dan ketaatan atas komitmen bersama yang diajarkan Al-Qur’an adalah modal dan solusi bagi permasalahan bangsa termasuk dalam mengatasi wabah Covid-19.

’ Mari kita terus optimis wabah Covid-19 bisa segera diatasi. Al-Qur’an mengajarkan, bahwa Allah tidak akan memberi cobaan yang umat tidak kuat memikulnya. Laa yukallifullaahu nafsan illa wus’ahaa. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya,’’imbuh Arif.(K24/THR).

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24