Pengeboran Sumur di Buluspesantren Berakhir Semburan Lumpur, Satu Rumah Rusak

oleh -3.641 views
FOTO ISTIMEWA

BULUSPESANTREN, Kebumen24.com  – Warga Desa Sangubanyu Kecamatan Buluspesantren digemparkan dengan fenomena semburan lumpur. Semburan bersumber dari lubang yang tengah dibuat sumur bor. Akibat kejadian tersebut, satu rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan.

 

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melalui Kasat Reskrim AKP Afiditya Arief Wibowo mengatakan peristiwa terjadi Jumat 16 Oktober 2020, sekira pukul 16.30 WIB. Lokasi semburan dekat rumah Suprio (71) warga Dukuh Gandukarang RT 5 RW 2 Desa Sangubanyu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

 

“Tidak ada korban jiwa namun atap rumah Suprio rusak dan tembok dipenuhi lumpur,” katanya. Saat dikonfirmasi.

 

AKP Afiditya menjelaskan, peristiwa bermula ketika Isnaeni (tukang sumur bor) membuat sumur bor di samping rumah korban sejak Kamis 15 Oktober 2020. Karena belum selesai, pengeboran dilanjutkan Jumat siang hingga sore. Nahas, saat kedalaman pengeboran 4 pipa atau setara 16 meter tiba-tiba timbul semburan lumpur.

 

“Semburan lumpur memiliki ketinggian 10 meter,” jelasnya.

 

Besarnya semburan membuat lumpur terus mengalir di sekitar lokasi kejadian. Tidak lama berselang, salah satu warga melaporkan kejadian tersebut ke pihak Polsek dan Koramil. Petugas pun datang bersama warga mencoba mengamankan semburan agar tidak membahayakan.

 

“Agar tidak membahayakan semburan lumpur di tutup dengan kayu,” tambahnya.

 

Sebagai bentuk antisipasi, polisi dan TNI mengamankan lokasi kejadian dengan berjaga. Disisi lain, lanjut Kasat Reskrim, pihaknya juga berkoordinasi dengan Muspika dan BPBD terkait penanganan lanjutan. Ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terutama di dekat area semburan lumpur.(K24/THR).

Tinggalkan Balasan