Penerapan Koridor Perkotaan Sempat Timbulkan Kemacetan

oleh -

KEBUMEN, Kebumen24.com –  Hari pertama pemberlakuan jalan satu arah koridor perkotaan Kabupaten Kebumen menuai kemacetan. Meskipun, rambu lalu lintas sudah terpasang dengan baik, namun terjadi penumpukan kendaraan pada ruas jalan akibat imbas kebijakan baru tersebut.

Berdasarkan Pantauan di lapangan, beberapa jam setelah pemberlakuan jalan satu arah koridor perkotaan terjadi krodit di beberapa titik. Seperti Jalan Kusuma, perempatan Pegadaian, Jalan Kolopaking, Jalan Letjen Suprapto dan Jalan S Parman.

Kepala Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Operasional (Wasdalops) Dishub Kebumen Wrin Andoko menyebut kemacetan yang terjadi akibat penyesuaian kebijakan baru oleh pengguna jalan. Diakuinya terjadi perlambatan arus pada jam sibuk terutama pagi dan siang hari.

“Ada perlambatan arus memang tetapi bisa terurai sore hari,” katanya, Rabu 5 Mei 2021.

Disisi lain, Wrin juga menegaskan problem kemacetan turut dipicu keberadaan parkir tepi jalan umum. Dengan koridor perkotaan, parkir dibuat searah jalan tidak lagi membuat sudut 45 derajat. Juga aktifitas bongkar muat barang di bahu jalan terutama Jalan Kusuma.

“Masalah parkir masih butuh penyesuaian,” jelasnya.

Untuk memastikan uji coba berjalan lancar, lanjut Wrin, petugas gabungan TNI, Polisi, Dishub dan Satpol PPP ditempatkan di beberapa titik. Terdapat 14 titik yakni empat sudut Alun-alun Kebumen dan sisanya persimpangan pada ruas jalan yang terimbas koridor perkotaan.

“Uji coba nanti sampai 20 Mei. Setelah itu dilakukan evaluasi,” imbuhnya.(k24/imam).

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Kebumen24